Masa Pandemi membuat jiwa masyarakat Indonesia semakin kreatif dengan membuat konten video menarik dan informatif di TikTok. Menanggapi itu, TikTok sebagai platform video singkat yang digandrungi oleh masyarakat belahan dunia, meluncurkan sebuah program spesial Ramadan yaitu, #SamaSamaBerbagi.
Tahun ini menjadi tahun keempat Tiktok bersama Indonesia dan #SamaSamaBerbagi menjadi media kreativitas para masyarakat Indonesia untuk menjalani Ramadan yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan bagi komunitas TikTok lewat video yang bermanfaat.
Program #SamaSamaBerbagi berlangsung mulai dari 5 April sampai 16 Mei 2021, TikTok bekerja sama dengan user TikTok berlatar belakang tertentu untuk melakukan kegiatan-kegiatan menarik yang dikemas dalam bentuk festival online di aplikasi.
Angga Anugrah Putra, Head of Content and User Operations TikTok Indonesia mengatakan Ramadan identik dengan kemeriahan, dimana kita biasanya berbagi kegembiraan di momen-momen bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Sebagai platform berbasis kreatif, TikTok ingin membawa kemeriahan tersebut ke dalam aplikasi melalui berbagai virtual booth, agar masyarakat bersama komunitas global TikTok bisa sama-sama berbagi dengan cara menyenangkan, sambil mengekspresikan kreativitas mereka selama bulan Ramadan.
Meski Ramadan dua tahun belakang ini berbeda dari tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19. Namun, hal tersebut tidaklah membatasi masyarakat untuk tetap bisa kreatif di bulan Ramadan. Sebab berdasarkan survei dari 810 pengguna TikTok di Indonesia pada Desember, 2020, diungkapkan bahwa 71% pengguna merayakan Ramadan dengan cara masing-masing dari rumah. Mereka mencari inspirasi dan hiburan dengan format video singkat di TikTok, ditunjukkan dari engagement yang meningkat hingga 29% dibanding hari biasa. Kemudian 96% meng-upload konten di online sharing platform selama Ramadan.
#SamaSamaBerbagi ini menjadi platform untuk merayakan puasa dan lebaran dari rumah yang lebih meriah dan tetap aman. Melalui komunitas TikTok yang inklusif, mulai dari konten kreator, selebriti, tokoh masyarakat, hingga pelaku bisnis, pengguna bisa saling berbagi kebahagiaan dan kebersamaan Ramadan dari rumah menggunakan fitur dan creative tools TikTok yang canggih. Program ini dikemas ke dalam format online booth melalui beberapa program, diantaranya:
- Inspirasi Ramadan dalam bentuk konten video yang beragam, mulai dari #KulinerRamadan untuk kategori kuliner, #InspirasiRamadan untuk kategori edukasi, #GayaRamadan untuk kategori fesyen, dan masih banyak lagi. Pengguna juga bisa menyaksikan Ramadan TikTok Live dengan topik-topik inspiratif dari pemerintah hingga selebriti.
- Sticker dan music spesial Ramadan yang mendukung pengguna untuk mengekspresikan kreativitas dan berkumpul untuk menikmati momen Ramadan dengan unik, seperti mudik online.
- Ramadan Live Sales Sessions yang memberikan platfrom bagi brand dan UKM untuk bisa menyampaikan promosi menarik bagi pengguna TikTok. Didukung dengan ekosistem TikTok yang unik dan dilengkapi dengan layanan livestream, para pelaku bisnis dari berbagai kategori bisa berinteraksi sekaligus memenuhi kebutuhan pengguna saat Puasa dan Lebaran dengan cara menyenangkan.
Tak mau ketinggalan dari keseruan Ramadan, Dimas (@dimsthemeatguy), top kreator TikTok kategori kuliner menuturkan bahwa #SamaSamaBerbagi ini menjadi semangat buat saya sebagai konten kreator untuk menginspirasi orang-orang dengan berbagai resep daging yang biasa saya bagikan, sehingga masyarakat bisa punya banyak pilihan saat memasak menu sahur atau buka puasa dari rumah.
Kemudian, ada Jihan Sahira (@hundji), top kreator TikTok kategori fashion turut antusias dengan ungkapan meskipun di rumah saja, kita juga perlu menggunakan pakaian yang bisa meningkatkan mood selama menjalani puasa dan lebaran. Harapannya semoga konten-konten yang saya dan kreator lainnya bagikan bisa jadi referensi dan menambah semangat semua pengguna TikTok jalani Ramadan.
Angga Putra mengakhiri konferensi pers virtual pada Kamis (15/04/2021), dengan mengatakan para pengguna TikTok diharapkan semakin kreatif untuk berbagi konten video yang inspiratif maupun informatif. Selain itu ia juga berharap program #SamaSamaBerbagi bisa menjadi alternatif untuk merayakan kebersamaan dan kebahagiaan di bulan Ramadan dan Lebaran mendatang.
Untuk mengikuti keseruan program #SamaSamaBerbagi, Anda bisa mengunjungi link berikut: https://activity.tiktok.com/magic/eco/runtime/release/606c1b5ceaac8f031ec1f34e?appType=tiktok
(BR)