Pada zaman yang serba digital saat ini, akan memiliki peluang yang besar apabila dapat memanfaatkannya dengan baik. Untuk itu, penting para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau sering dikenal dengan sebutan UMKM beralih ke Go Digital.
Go Digital merupakan cara berjual melalui online. Hal tersebut di harapakan para pelaku UMKM mampu bertransformasi memanfaatkan teknologi digital dengan baik agar mendapatkan peluang penjualan lebih banyak juga.
Mengingat Jumlah pengguna internet di Indonesia semakin mengalami peningkatan, sehingga transformasi digital adalah hal yang menguntungkan dan perlu dipertimbangkan pelaku UMKM.
Untuk itu, perlu di pertimbangkan agar mulai mengombinasi pasar dan usaha konvensional, lewat media sosial, hingga layanan e-commerce makin terbaur dan menjadi lumrah dalam kehidupan masyarakat.
jika biasanya para pelaku UMKM mulai beradaptasi dan melakukan transformasi operasional bisnis, yang semula 100% offline menjadi kombinasi offline dan online. Apabila semakin banyak UMKM mengembangkan jangkauannya ke berbagai platform digital, pengaruhnya terhadap perekonomian akan berdapak positif.
Mengutip dari berbagai sumber, menurut sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Rully Indrawan, mengatakan banyak keuntungan yang akan diperoleh UMKM yang dengan cerdas mampu bertransformasi memanfaatkan digitalisasi.
“Saya kira penting karena 3 alasan, yakni pertama, karena kondisi saat ini yang memang di mana ada sosial distancing, bertemu tatap muka menjadi aktivitas yang dihindari sebisa mungkin maka suka tidak suka digital adalah jawabannya,” kata Rully Indrawan selaku Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM
Keuntungan kedua dari menjalankan bisnis secara Go Digital ialah, tercipta efisiensi yang semakin memudahkan pelaku UMKM untuk menjalankan bisnisnya, seperti efisiensi biaya transportasi, pergudangan, bahkan promosi cukup dilakukan melalui media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter, serta lainnya.
Tidak hanya itu, keuntungan yang terakhir adalah dengan melakukan penjulan melalui digitalisasi bertujuan untuk memperluas jaringan marketing, sehingga bisa merambah ke berbagai daerah bahkan negara lain, terkait produk-produk tertentu dan akses untuk pemasaran semakin bisa diperluas.
Harapan untuk tahun ini agar, para pelaku UMKM dapat meningkat sebesar 2 juta UMKM yang mampu memanfaatkan platform digital.
(TS)