Memperingati Hari Ulos Nasional 2021 pada 17 Oktober, Tobatenun gelar kampanye budaya dengan tema “Bangga Bertenun Bangga Berbudaya”. Melalui konferensi pers yang dilakukan secara virtual, Tobatenun berupaya merepresentasi wastra Nusantara, Ulos, tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, tetapi juga nasional.
Menghadirkan Kerri Na Basaria, Founder dan CEO PT Toba Tenun Sejahtra, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Bupati Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Dita Indah Sari, Staf Khusus Kementerian Ketenagakerjaan RI, dan Myra Widiono, Ketua Perkumpulan Warna Alam Indonesia.
Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah diskusi dan bincang budaya terkait pengembangan perajin dan ekosistem Ulos, serta bagaimana kontribusi pemangku kepentingan melalui program kerja yang berkelanjutan.
Tenun Fashion Week ini akan diselenggarakan secara virtual pada 15 hingga 17 Oktober 2021. Pagelaran ini akan menampilkan 45 komunitas tenun yang berpartisipasi dari Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.
Penampilan ini tidak lepas dari kinerja Tobatenun yang aktif memperkenalkan kain ulos, yang tidak hanya jadi kebanggan masyarakat Sumatera Utara, tapi juga bisa jadi kebanggan masyarakat Indonesia.
Kain tenun ulos adalah kain tenun khas bagi masyarakat suku Batak, Sumatera Utara. Ulos mempunyai fungsi dan arti yang sangat penting. Berbagai upacara adat seperti kelahiran, pernikahan, kematian, dan ritual lainnya tak pernah terlaksana tanpa ulos. Soal warna, kain ulos selalu didominasi tiga warna yaitu merah, hitam dan putih.
“Gelorakan semangat Bangga Bertenun Bangga Berbudaya di Hari Ulos Nasional 2021 ini, kami harap masyarakat semakin sadar mengenai pentingnya melestarikan dan mengembangkan wastra nusantara, salah satunya Ulos,” Kerri Na Basaria, Founder dan CEO PT Toba Tenun Sejahtera.
Dalam Tenun Fashion Week, Tobatenun akan membawa dua lini produknya yaitu Tobatenun dan BORU. Menampilkan koleksi revitalisasi ulos lawas yang juga menjadi koleksi pertama untuk distribusi di platform yang hadir dalam motif Ragi Hotang, Ragi Idup, dan Tumtuman.
melalui website www.tobatenun.com masyarakat dapat berbelanja dan mengenal Ulos lebih jauh. Dalam kesempatan ini, Tobatenun juga membuka pendaftaran untuk UMKM untuk memasarkan produk ulos di situs web tersebut.
(DT)