Kolaborasi antara Scarf Media dan Dompet Dhuafa dalam kegiatan pemberdayaan UMKM sukses digelar pada Kamis, (19/12/2024) di Zona Madina, Dompet Dhuafa, Jl. Raya Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan tersebut berfokus pada pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), terutama perempuan, agar dapat meningkatkan kapasitas mereka dalam berbisnis, sekaligus berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi masyarakat.
Pemberdayaan UMKM Scarf Media x Dompet Dhuafa
Kegiatan ini menghadirkan serangkaian berbagi ilmu yang disampaikan oleh Founder & CEO Scarf Media, Temi Sumarlin, mulai dari strategi pemasaran digital hingga pengelolaan keuangan untuk meningkatkan daya saing produk lokal. Tidak hanya itu, acara ini juga memberikan platform bagi UMKM untuk memamerkan produk mereka, menjalin jejaring, dan memperoleh wawasan baru dari para pembicara inspiratif.
General Manager Marketing Dompet Dhuafa, Suci N Qodarsih, mengungkapkan pentingnya sinergi antara lembaga filantropi dan media dalam memperkuat ekonomi masyarakat. “Melalui program ini, kami ingin mendukung UMKM untuk tumbuh lebih berdaya saing. Dengan adanya sharing session dari Scarf Media, pelaku UMKM dapat memahami cara memasarkan produk secara lebih efektif, terutama di era digital,” ujarnya.
“Ada 5 faktor pendorong UMKM yang bisa dilakukan oleh penggiat usaha, yakni pertama mencatat keuangan atau pembukuan dengan tepat. Kedua, memisahkan tabungan usaha dan pribadi. Ketiga, siap digitalisasi dengan mengembangkan usaha melalui platform online. Keempat, memilih produsen yang tepat untuk bahan baku. Kelima, mempertahankan konsistensi kualitas produk,” ujar Temi Sumarlin selaku Founder & CEO Scarf Media.
Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini juga diisi dengan sesi diskusi interaktif, pameran produk UMKM lokal. Selain itu, peserta mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan para mentor yang berpengalaman di bidang bisnis dan wirausaha.
Acara ini diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang dalam mendukung keberlanjutan usaha kecil di Indonesia, sekaligus menciptakan lebih banyak peluang ekonomi bagi masyarakat lokal.
Kerja sama antara Scarf Media dan Dompet Dhuafa ini menjadi bukti nyata bagaimana kolaborasi lintas sektor dapat menciptakan dampak positif bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat. Program ini juga menunjukkan komitmen kedua pihak dalam mendukung pertumbuhan UMKM yang tangguh dan berkelanjutan.