Amankah Mengkonsumsi Frozen Food Setiap Hari? Ini Faktanya

Di tengah kesibukan yang serba modern ini, produk makanan beku atau istilah frozen food dan olahan pangan berbasis protein menjadi andalan ketika tidak sempat memasak makanan. Namun, terdapat kekhawatiran mengenai keamanan frozen food untuk kesehatan. Meski begitu, timbul suatu pertanyaan, terkait apakah frozen food aman untuk dikonsumsi setiap hari atau tidak, yuk Scarflovers ketahui faktanya! 

Frozen Food dan Kesehatan

Banyak orang meragukan keamanan frozen food, tetapi proses pembekuan pada frozen food adalah metode konservasi yang efektif dalam menjaga nutrisi, menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO). Pembekuan tidak mengubah kandungan gizi makanan secara signifikan, baik untuk daging maupun sayuran. Namun, frozen food di pasaran sering kali mengalami pengolahan tambahan yang dapat mempengaruhi kesehatannya.

Baca juga  5 Manfaat Baik Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh, Mempercantik Kulit!

Risiko Kesehatan dari Konsumsi Frozen Food

Meskipun tidak selalu berbahaya, konsumsi frozen food secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa risiko kesehatan :

  1. Tekanan Darah Tinggi: Banyak frozen food olahan mengandung natrium tinggi, seperti lasagna beku yang bisa mengandung hingga 900 miligram natrium, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
  2. Gangguan Kardiovaskular: Frozen food sering mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  3. Obesitas: Tingginya kalori dan rendahnya serat pada frozen food dapat menyebabkan makan berlebihan dan meningkatkan risiko obesitas.
  4. Diabetes: Beberapa frozen food mengandung pati yang dikonversi menjadi gula, sehingga konsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes.
  5. Masalah Kesehatan Lainnya: Pengawet dalam frozen food, seperti nitrit, dapat berkontribusi pada masalah gastrointestinal dan risiko kanker.
Baca juga  Suka Makan Pedas? Ternyata Banyak Manfaatnya, Ini Dia!

Produk frozen food dan olahan pangan menawarkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, tetapi penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Itulah fakta mengenai pertanyaan apakah boleh mengonsumsi frozen food setiap hari atau tidak. Jawabannya, konsumsi makanan ini sebaiknya Scarflovers batasi dalam porsi yang tepat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan segar agar gizi tetap seimbang.

Translate »