Mengenal Bakteri Mycoplasma, Pemicu Penyakit Pneumonia ‘Misterius’ yang Tersebar di China

Wabah pneumonia ‘misterius’ sedang melanda China. Tercatat melalui laporan The Messenger, yang dikutip Newsweek pada Kamis (30/11/2023), dalam seminggu terakhir, 80 dari setiap 100.000 anak berusia antara 5 dan 14 tahun menderita pneumonia.

Image: NurPhoto via AFP

Wabah pneumonia yang menyerang banyak anak di China, bukan disebabkan oleh virus atau bakteri baru seperti COVID-19. Penyebab pneumonia di China yaitu karena patogen yang sudah ada, seperti bakteri Mycoplasma pneumonia, influenza, respiratory syncytial virus, dan adenovirus.

Baca juga  3 Spot Foto Instagramable di Jakarta

Mycoplasma adalah bakteri yang dapat menginfeksi berbagai bagian tubuh. Bagian tubuh yang terserang, seperti paru-paru, kulit, atau saluran kemih, bergantung pada jenis bakteri mycoplasma yang menyebabkan infeksi

Merespon wabah tersebut, Kemenkes RI pun meminta fasyankes di Indonesia untuk bersiap-siap. Kemenkes juga terbitkan surat edaran terkait penyakit tersebut.

Baca juga  Gempa 7,8 M Guncang Turki & Suriah Akibatkan Lebih dari 1.500 Korban Tewas

“Kita sudah mengeluarkan surat edaran, WHO juga sudah meneliti. Hasilnya, patogen-patogen yang ada di China adalah patogen yang sebelumnya sudah ada. Jadi bukan virus atau bakteri baru, tapi ini virus dan bakteri lama,” kata Budi melansir dari Kompas.com, Rabu (29/11/2023).

Translate »