Jadi Superhero, Ini 3 Manfaat Panthenol untuk Kulit Wajah

Salah satu manfaat panthenol adalah melembapkan kulit wajah

Salah satu bahan skincare yang kini populer di kalangan masyarakat adalah panthenol. Bahan yang satu itu sama efektifnya dalam melembapkan kulit seperti hyaluronic acid. Panthenol adalah provitamin umum yang dapat diserap tubuh kita melalui kulit atau didapat dari makanan.

Molekul panthenol secara struktural sangat mirip dengan asam pantotenat atau yang juga dikenal sebagai vitamin B5. Panthenol memiliki nama lain dalam produk skincare, di antaranya adalah Butanamide, D-pantothenyl alcohol, Dexpanthenol, dan Analogue of pantothenic acid.

Lalu, apa saja sih manfaat dari panthenol untuk kulit? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca juga  Empat Kekuatan Aksi Anti-Aging dari Ioma Youth Booster

1. Melembapkan kulit

Panthenol bersifat humektan dan emolien, yang berarti mengurangi kehilangan air di mana membantu kulit untuk mempertahankan kelembapannya. Bahan ini juga merangsang sel-sel yang meningkatkan fungsi pelindung kulit. Hasilnya, kulit Anda bisa tetap terhidrasi, sehat, dan halus. Jika Anda memiliki kulit kering, panthenol adalah bahan yang sangat efektif untuk mengatasi kekeringan dan sensitivitas kulit.

2. Mengurangi peradangan

Dikarenakan panthenol dapat melembapkan kulit, ini juga membantu mencegah kulit menjadi sensitif dan mudah iritasi. Sehingga, panthenol dapat mengurangi peradangan pada kulit, seperti kulit kasar, kulit kering, gatal, kemerahan, dan pengeroposan yang berhubungan dengan kondisi seperti eksim, dermatitis kontak, dan psoriasis.

Baca juga  15 Brand Lipstik Lokal Untuk Perempuan Indonesia

3. Menyembuhkan luka

Diketahui, panthenol juga sering digunakan untuk membantu mengatasi cedera kulit ringan dan menjadi bahan umum dalam terapi penyembuhan luka. Dikarenakan fungsi pelindung kulit yang kuat, panthenol sangat penting untuk penyembuhan luka yang cepat. Bahan ini mengurangi peradangan, meminimalkan kemerahan pada kulit, dan mendorong regenerasi sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Translate »