Terungkap! Ini Trauma Yang Dialami Putri Candrawathi

Komnas Perempuan menegaskan bahwa trauma yang dialami oleh istri Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawathi bukanlah suatu kesengajaan yang dibuat-buat. Hal tersebut berdasarkan keterangan medis dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban beberapa waktu lalu.

Sedari awal kami merekomendasikan agar Ibu Putri ditangani tim yang komprehensif yang terdiri dari psikiater, psikolog klinis dan tenaga kesehatan untuk membantunya pulih dan dapat memberikan kesaksiannya,” jelasnya.

“Dari penyataan LPSK, sudah terkonfirmasi bahwa Ibu Putri memang mengalami depresi dan PTSD (gangguan stres pascatrauma). Jadi trauma yang dialaminya bukan mengada-ada,” ujar Komisioner Komnas HAM, Siti Aminah kepada wartawan, Kamis (18/8/2022), dikutip tvonenews.

Baca juga  Gadis Kecil 4 Tahun Meninggal Dunia di Madinah, Sempat Minta Dibelikan Jubah Putih

Oleh sebab itu, dirinya pun mengatakan bahwa proses pemeriksaan yang akan dilakukan oleh Putri Candrawathi tidak bisa dilakukan terburu-buru, yang berdampak buruk pada kondisi kesehatan dan mental yang dihadapinya.

Komnas Perempuan terus berkoordinasi dengan Komnas HAM terkait pemeriksaan Putri Candrawathi. Theresia mengatakan pihaknya mendorong penanganan pemulihan Putri dilakukan oleh tim komprehensif.

Baca juga  5 Alasan Rutinitas Perawatan Kulit Baik untuk Kesehatan Mental Anda

“Komnas Perempuan juga mendorong penanganan pemulihan Ibu Putri dilakukan oleh tim yang komprehensif, yang terdiri atas psikiater, psikolog klinis, dan tenaga kesehatan,” katanya, dikutip detiknews.

Trauma yang dialami Ibu Putri disebut dengan Post Traumatic Stress Disorder (gangguan stress pascatrauma) memiliki penyebab, diataranya mengalami trauma jangka panjang, memiliki anggota keluarga yang mengidap PTSD atau gangguan mental lain, pernah mengalami peristiwa trauma lain.

Translate »