Jaga Kesehatan Usus Besar Lewat Konsumsi Ini!

Kesehatan adalah aset berharga bagi setiap manusia. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga pola makanan dengan gizi seimbang. Terutama memilih makanan yang baik bagi sistem pencernaan dalam tubuh, yaitu usus besar.

Image : Freepik

Berikut sajian sehat yang dikutip dari Net Meds untuk membersihkan usus besar dari kotoran, antara lain:

  1. Air mampu melembabkan tinja dan menambah curah, membantu dalam perjalanan yang mudah melalui usus besar. Umumnya, seseorang yang mengalami dehidrasi akan mengalami masalah saat buang air besar karena tubuh berusaha keras menahan air yang mengakibatkan tinja menjadi kering, keras dan sulit dikeluarkan.

    Sangat penting untuk minum banyak air sepanjang hari, apalagi, penelitian juga mengungkapkan bahwa hidrasi yang cukup menurunkan risiko kanker kolorektal, mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan.

  2. Jus buah dan sayuran mengandung serat, senyawa tanaman dan gula alami seperti sorbitol dan fruktosa yang bertindak sebagai pencahar dan memfasilitasi pembersihan usus besar. Anda bisa mengonsumsi jus apel, prune, pir, pisang, anggur dan lemon.
  3. Makanan berserat yang meliputi: sereal gandum utuh, buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian dan jika diet kekurangan serat, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen serat seperti psyllium dan methylcellulose.
  4. Makanan Fermentasi adalah sumber probiotik alami yang sarat dengan bakteri menguntungkan yang terkenal dapat meningkatkan kesehatan usus. Bakteri ramah usus membantu mengatur gerakan usus dan menurunkan risiko perut kembung, kembung, sembelit dan infeksi gastrointestinal lainnya.

    Beberapa sumber makanan yang kaya akan probiotik antara lain yogurt, kefir, kimchi, asinan kubis, kimchi, acar, miso kombucha, cuka sari apel, dan jenis keju tertentu. Studi mengungkapkan bahwa probiotik memainkan peran penting dalam mencegah, mengobati kanker usus besar, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan kesejahteraan.

  5. Minum teh herbal diketahui dapat mendukung kesehatan pencernaan melalui usus besar. Banyak teh herbal seperti jahe, bawang putih dan cabai rawit mengandung senyawa tanaman antimikroba yang diyakini dapat memerangi bakteri berbahaya di usus. Minum secangkir teh herbal ini tiga kali sehari untuk hasil yang lebih baik. Namun, selalu konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakan ramuan ini.
Baca juga  Mata Lelah Saat WFH? Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata
Translate »