Ini Dia Perbedaan Shawarma dan Kebab

Seringkali dibilang mirip, ternyata Shawarma dan Kebab merupakan hidangan yang berbeda. Berikut penjelasannya, antara lain:

  1. Shawarma

    Image: Freepik

    Shawarma mengacu pada hidangan yang terdiri dari daging yang diiris tipis dan disatukan dalam bentuk kerucut. Kemudian dipanggang di atas rotisserie yang berputar lambat di atas api terbuka. Biasanya disajikan sebagai sandwich atau dibungkus dengan roti pipih seperti pita. Rempah-rempah yang dipakai jinten, kapulaga, kayu manis, kunyit, dan paprika.

    Shawarma menjadi salah satu street food paling populer di Mesir, Turki, Levant, dan seluruh Timur Tengah.

  2. Kebab

    Image : Freepik

    Kebab adalah hidangan daging yang dimasak yang berasal dari Timur Tengah. Kebab terdiri dari daging yang dipotong-potong atau digiling. Terkadang dicampur dengan sayuran dan pelengkap lainnya tergantung resepnya. Kebab dimasak dengan tusuk sate di atas api. Biasanya kebab dipanggang dalam oven atau disiapkan seperti rebusan.

    Secara tradisional, kebab berisi daging kambing atau domba tetapi tergantung pada daerahnya. Ada yang mungkin mengandung daging sapi, ikan, ayam, kambing, atau lebih jarang lagi babi.

Salah satu jenis kebab yang paling mirip dengan Shawarma yaitu doner kebab. Hanya saja Shawarma berasal dari wilayah Arab-Timur Tengah sementara Doner kebab berasal dari Turki.

Selain itu, Shawarma mendapatkan namanya dari terjemahan bahasa Arab dari kata Turki yang berarti berputar sedangkan kata kebab mendapatkan namanya dari kata Aram ‘kababa’ yang berarti arang atau bakar.

Awalnya, shawarma dibuat menggunakan daging domba atau kambing. Saat ini, hidangan ini dibuat dengan banyak jenis daging lainnya seperti daging sapi, ayam, daging sapi muda, dan kalkun. Kebab awalnya menggunakan daging domba atau kambing juga, tetapi seiring dengan popularitasnya yang meningkat, jenis daging lain seperti daging sapi, ayam, kambing, ikan, dan udang telah digunakan.

 Topping kebab utama adalah tomat, bawang, mentimun, saus tzatziki, dan yogurt dengan bumbu sedangkan untuk acar shawarma, tahini dan hummus adalah bumbu penting.

Baca juga  Penting Diketahui! Perbedaan Apresiasi dan Aproresiasi Budaya
Translate »