Umat Muslim Gelar Salat Tarawih Perdana di 2 Tempat Fenomenal Ini!

1. Hagia Sophia

Image : @Lèmuesie (Twitter)

Setelah 88 tahun lamanya, masjid Hagia Sophia dibuka kembali untuk melaksanakan salat tarawih.

“Alhamdulillah. Untuk pertama kalinya dalam 88 tahun, masjid … akan menyambut orang-orang beriman untuk salat tarawih Ramadan ini,” ujar Ali Erbas, kepala Diyanet, badan keagamaan Turki.

Sebelum dialihfungsikan menjadi masjid pada tahun 2020, bangunan ikonik ini dulu digunakan sebagai museum. Namun, akibat pandemi, pelaksanaan salat tarawih pun ditunda.

Kini, umat Muslim di Turki sangat antusias untuk menunaikan ibadah salat tarawih di masjid Hagia Sophia. Salat tarawih akan dilaksanakan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu selama bulan suci Ramadan.

 

2. Times Square, New York

Baca juga  Berikut Amalan yang Bisa Dilakukan Muslimah saat Haid!
Image : freedomnews.tv

Beredar sebuah video di linimasa Twitter menampilkan ratusan umat muslim di Amerika Serikat sedang melaksanakan salat tarawih untuk pertama kalinya di Times Square, New York, pada akhir pekan lalu, Sabtu (2/4/2022).

Salah satu penyelenggara salat tarawih itu, SQ, mengungkapkan kegiatan tersebut diadakan untuk merayakan momentum puasa hari pertama pada tahun ini.

“Bagi Muslim, ini bukan hanya soal puasa agar memahami bagaimana perasaan orang yang kekurangan makanan. Kami juga melakukan ini agar kami dapat lebih dekat dengan pencipta kami, Allah,” ujar SQ.

Pelaksanaan salat tarawih di salah satu titik lokasi paling sentral di kota New York itu bertujuan untuk mengakhiri stereotip tentang ajaran Islam yang selama ini telah mengakar kuat.

Baca juga  Setelah Sahur Langsung Tidur, Sehatkah ?

“Kami di sini untuk menjelaskan agama kami kepada semua orang yang tidak tahu apa itu Islam. Islam adalah agama yang membawa pesan kedamaian,” sambungnya.

Ia juga menerangkan, Al-Qur’an merupakan wahyu ilahi dan berisikan pesan damai.

“Al-Qur’an adalah wahyu ilahi. Isinya merupakan wahyu terakhir yang diberikan kepada Nabi Muhammad yang merupakan pembawa pesan sama seperti Yesus dan Musa,” terang SQ.

SQ juga menerangkan, “Kami semua bersatu dan terhubung bersama. Orang-orang harus berhenti mencoba memecah belah umat Kristen dan Muslim dan Yahudi dan semua orang. Itu semua harus dihentikan,” tandas SQ.

Translate »