Pengganti Heavy Cream Untuk Hidangan Makanan

Untuk Anda yang sering memasak, pasti sudah tidak asing lagi dengan heavy cream. Heavy cream digunakan untuk menambah rasa agar lebih lezat. Heavy cream biasa dipakai di pasta, sup, kue, maupun kopi.

Heavy cream merupakan lapisan lemak susu yang kaya. Melansir dari goodhousekeeping, menurut FDA, krim makanan setidaknya harus memiliki 18% lemak susu, namun heavy cream memiliki lebih dari 36% lemak susu.

image: pexels

Lemak merupakan komponen penting dalam bagaimana krim mempengaruhi hasil masakan. Jika Anda ingin membuat kue, Anda lebih baik menggunakan heavy cream asli untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, apabila Anda membuat makanan lainnya yang di mana heavy cream tidak terlalu berpengaruh pada hasil masakan, Anda bisa menggantinya dengan yang lain.

Baca juga  Resep Ayam Suwir Kemangi, Mudah Dan Sederhana

Berikut ini beberapa alternatif heavy cream yang bisa Anda coba.

 

Mentega dan susu utuh

Anda dapat membuat versi krim kental yang cukup bagus dengan menggabungkan mentega dan susu murni. Cara membuatnya yaitu Anda dapat panaskan 4 sendok makan mentega (setengah batang) sampai meleleh. Perlahan kocok dalam 3/4 cangkir susu murni, pada suhu kamar. Jika campuran mulai mengental atau menggumpal, panaskan perlahan dalam mangkuk yang diletakkan di atas, bukan di dalam panci berisi air mendidih. Aduk hingga rata.

 

Baca juga  Inilah Olahan Makanan Pengganti, Untuk Membuat Cream Keju

Santan

Santan penuh lemak adalah pengganti krim kental vegan yang bebas susu yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan heavy cream karena memiliki konsistensi yang sama.

 

Yoghurt

Yoghurt kaya akan lemak, terutama greek yoghurt. Anda dapat mengencerkannya dengan sedikit susu murni hingga konsistensinya menjadi krim, dan Anda akan mendapatkan pengganti heavy cream yang memiliki sedikit rasa dan protein ekstra tetapi tanpa lemak dan kalori.

 

Susu Evaporasi

Susu murni yang telah diproses untuk diambil lebih dari setengah airnya, susu evaporasi dapat digunakan sebagai pengganti heavy cream. Susu evaporasi sangat nikmat apabila dicampur dengan oatmeal.

(HV)

Translate »