Kenali Irama Infradian Anda untuk Mengoptimalkan Siklus Tubuh Anda

Sebagian besar dari kita pernah mendengar tentang ritme sirkadian, siklus biologis alami 24 jam yang mengatur pola tidur. Ritme infradian kurang terkenal.

Dalam istilah dasar, ritme infradian adalah siklus alami dalam tubuh manusia yang berlangsung lebih dari 24 jam.

image: unsplash

Melansir dari healthline sebagian besar dari kita tidak menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan pola biologis kita, tetapi banyak ilmuwan dan psikolog percaya bahwa, dengan menyesuaikan ritme alami kita, kita dapat hidup lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih seimbang.

Ingin belajar bagaimana memaksimalkan kesehatan Anda dengan mengikuti ritme infradian Anda? Lihat tidak lebih jauh dari perspektif ahli di bawah ini.

Baca juga  Wajib Dicegah, Ini Penyebab Sakit Tifus

Mengenal ritme infradian 

Pada dasarnya, ritme infradian adalah siklus tubuh yang melebihi ritme sirkadian, atau siklus harian.

Irama infradian manusia yang paling sering dibahas adalah siklus menstruasi, namun gangguan afektif musiman juga dapat diklasifikasikan sebagai infradian.

Menggunakan konsep ritme infradian dapat membantu Anda memahami dan bekerja dengan aliran bulanan siklus tubuh Anda, termasuk siklus menstruasi Anda.

Siklus menstruasi memiliki empat fase utama , yang diciptakan oleh berbagai tingkat hormon:

  • Fase menstruasi: hari 1-5
  • Fase folikuler : hari ke 6–14
  • Fase ovulasi: hari 15-17
  • Fase luteal : hari 18-28

Tentu saja, fase-fase ini dapat bervariasi panjangnya dari orang ke orang. Dengan menyetel ritme infradian unik Anda, Anda dapat mulai memahami bagaimana Anda berubah baik secara fisik maupun mental selama masing-masing dari empat tahap ini.

Baca juga  Berhasil Tingkatkan Akses Perempuan Miskin, Program MAMPU Akhiri 8 Tahun Perjalanan

Sementara efek paling nyata dari ritme infradian Anda kemungkinan adalah menstruasi dan gejala sindrom pramenstruasi (PMS) , ada banyak fluktuasi yang dapat diprediksi dalam siklus. Ini dapat mencakup:

  • tingkat energi
  • metabolisme
  • sistem kekebalan
  • suasana hati
  • ketajaman mental

Perubahan hormon sepanjang siklus menstruasi dapat berdampak signifikan pada suasana hati dan kesehatan mental Anda.

Dengan menyetel aliran psikologis alami ritme infradian Anda, Anda dapat mengelola perubahan kesehatan mental Anda sepanjang bulan.

 

(DT)

Translate »