Manfaat Membaca Al-Kahfi Pada Malam Jumat

Pasti kita sudah mengetahuinya ya Scarflover bahwa membaca Al-Qur’an hukumnya adalah wajib bagi setiap Muslim. Al-Quran merupakan kitab yang diturunkan guna mengatur kehidupan manusia menjadi lebih baik. Biasanya pada malam Jumat atau hari Jumat umat muslim disunnahkan untuk membaca Surat Al-Kahfi.  

Hal tersebut tertuang dalam hadis Rasulullah SAW tentang keutamaan surat Al Kahfi.

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, cahaya akan meneraginya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim).

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” HR. Ad-Darmini 3470 dan disahihkan al-Albani dalam Shahihul Jami’ no. 6471.

Image : Freepik

Meskipun memang pembacaannya bisa pada hari apapun, namun hari Jum’at merupakan hari baik bagi umat Islam. Sehingga ketika dibarengi dengan pembacaan surat istimewa, maka keutamaannya pun jadi lebih banyak. Beberapa keutamaan dari surat Al-Qur’an ke-18 yang terdiri dari 110 ayat ini memiliki arti ‘Penghuni-penghuni Gua’ di antaranya melindungi diri dari tipu daya Dajjal di akhir kelak.

Baca juga  Mengenal Sosok Larissa Chou, Mualaf Cantik Dengan Liku Kehidupannya

Apa Saja Keistimewaan Surat Al Kahfi jika Dibaca pada Hari Jum’at?

 

  • Disinari Cahaya Allah

Cahaya yang dimaksud ini bukanlah perihal cahaya yang seringkali kita lihat. Namun, cahaya ini merupakan bentuk frase dari keridhaan Allah SWT terhadap hambanya.

 

  • Mendapat Ampunan Dosa

Pada dasarnya, setiap manusia pastinya tidak pernah luput dari dosa dan kesalahan. Namun, Allah memberikan banyak peluang dan juga cara agar hamba-Nya bisa lepas dari dosa-dosanya tersebut.

Baca juga  Apa Arti Kehidupan Ini?

 

  • Terhindar dari Fitnah Dajjal

Keutamaan dari pembacaan surat Al Kahfi di hari Jum’at yaitu bisa menghindarkan kita dari semua fitnah keji Dajjal.

 

  • Terhindar dari Gangguan Setan

Manfaat lainnya bisa menghindarkan diri dari gangguan setan. Surat ini bisa membuat kita banyak merenung agar tidak tergilincir dan malah menjadi pengikut setan ini.

 

  • Mendapat Pahala dan Cahaya Kebaikan 

Rupanya, cahaya itu pun bukan hanya bersinar antara dua Jum’at saja, namun juga terbentang dari dirinya dengan rumah Allah, Ka’bah.

 

 

(NRN)

Translate »