Beberapa Hal yang Menyebabkan Bibir Gelap

Di zaman sekarang, standar kecantikan menjadi patokan bagi masyarakat untuk berdandan. Hidung mancung, kulit putih, bebas jerawat, bibir berwarna pink sehat dan lain sebagainya. Dengan standar yang ada di masyarakat ini menyebabkan beberapa orang yang tidak memenuhi standar tesebut menjadi tidak percaya diri.

Bibir yang hitam menjadi salah satu concern beberapa wanita. Padahal warna pada bibir sendiri dipengaruhi oleh pigmen melanin. Ketika pigmen melanin lebih sedikit maka bibir cenderung akan lebih terang, begitu pula sebaliknya ketika pigmen melanin lebih banyak akan menyebabkan bibir lebih gelap. Warna pada bibir dapat mengalami perubahan baik menjadi gelap ataupun lebih terang. Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan warna bibir menjadi lebih gelap

Baca juga  Tips Manicure Kuku Sendiri Di Rumah

 

Mengonsumsi Kafein Berlebih

Kafein memang kurang baik untuk dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Dengan sering mengonsumsinya, tubuh akan lebih cepat kekurangan cairan atau akan cepat mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah yang dapat memicu perubahan warna kulit.

 

Hiperpegmentasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, apabila melanin dalam tubuh terlalu banyak maka kulit akan cenderung lebih gelap. Melanin yang tinggi dapat disebabkan karena sinar matahari. Agar bibir tetap terjaga, gunakan lipbalm yang memiliki SPF.

 

Tidak membersihkan sisa lipstick

Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan bibir mengalami perubahan warna. Bahan kimia yang ada dalam lipstick tidak bisa dibiarkan terlalu lama menempel. Hal ini dapat mengubah pigmentasi pada kulit.

Baca juga  9 Produk Makeup Wajib Untuk Pemula

 

Kandungan Lip Product yang tidak cocok

Ada beberapa bahan kimia dalam produk yang mungkin tidak cocok dengan kulit bibir Anda. Selalu perhatikan ingredients yang ada sebelum membeli dan memakai produk.

 

Mempunyai penyakit medis

Kekurangan hemogoblin dalam tubuh dapat menyebabkan berubahnya warna kulit. Jadi bagi Scarflover yang mempunyai anemia, jangan khawatir ketika bibir mulai mengelap, itu adalah salah satu pertanda bahwa tubuh anda sedang kekurangan darah.

(MH)

Translate »