Alasan Tubuh Sering Mudah Lelah

Lelah bagi orang dewasa adalah hal yang biasa. Karena jadwal yang padat dan rutinitas yang sibuk, sangat normal bagi tubuh untuk merasa lelah atau ngantuk. Itu adalah tanda bahwa tubuh Anda butuh istirahat, Scarflover.

image: unsplash

Namun terkadang, meskipun seharian tidak melakukan kegiatan apapun, tubuh bisa tetap terasa lelah dan terus-terusan mengantuk. Jika sudah begini, banyak pekerjaan dan kegiatan bisa tertunda.

Melansir dari Healthline.com, kondisi ini ada penyebabnya, lho. 

Yuk, hilangkan kebiasaan tidur-tiduran dengan mengetahui penyebab kenapa tubuhmu selalu terasa capek!

 

 

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat

 

Memang benar, karbohidrat adalah sumber energi. Namun seperti kata pepatah, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, ya, Scarflover. Ini karena karbohidrat akan berubah menjadi gula di dalam tubuh. Sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak, akan menyebabkan gula darah yang tidak stabil. Akibatnya, tubuh akan mudah lelah dan ngantuk. 

Baca juga  Sarapan Sereal, Sehat atau Tidak Sehat?

 

 

Gaya hidup sedentari

 

Gaya hidup sedentari adalah kebiasaan malas bergerak yang ditunjukkan seseorang, di mana orang tersebut lebih suka duduk atau berbaring dalam waktu yang lama, dan sedikit melakukan aktivitas fisik. Jika gaya hidup ini dilakukan secara terus menerus, dapat menyebabkan energi dalam tubuh menurun dan kelelahan. Biasanya sering terjadi pada orang kantoran yang hanya duduk berjam-jam di depan layar. Untuk menghindari kelelahan, cobalah melakukan peregangan atau workout ringan.

 

 

Bergadang atau kualitas tidur tidak baik

 

Ada banyak sekali manfaat tidur di malam hari, termasuk menyimpan memori dan melepaskan hormon yang mengatur metabolisme dan meningkatkan energi Anda. Tubuh akan terasa lebih segar dan fresh jika telah mendapatkan tidur minimal 7 jam. 

Baca juga  Resep Garlic Bread, Roti Asal Korea yang Sedang Viral

 

 

Sensitivitas terhadap makanan

 

Intoleransi terhadap makanan biasanya menyebabkan gejala seperti ruam, masalah pencernaan, pilek atau sakit kepala. Jika Anda merasa sering lelah setelah mengkonsumsi makanan tertentu,  pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli alergi atau ahli diet yang dapat menguji kepekaan Anda terhadap makanan atau meresepkan makanan-makanan yang sebaiknya dihindari

 

 

Tidak makan cukup kalori

 

Setiap orang memiliki jumlah kalori minimum yang harus dipenuhi sehari-hari. Jika Scarflover mengkonsumsi terlalu sedikit kalori, tubuh Anda akan merasa kelelahan lebih sering karena kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi.

 

(NAR)

 

Translate »