Jangan Dibuang, Ini Dia Manfaat Ampas Kopi yang Jarang Diketahui!

Apakah Scarflover salah satu pecinta kopi dan senang meracik kopi dirumah?. Nah, biasanya setelah membuat kopi, Anda pasti langsung membuang ampasnya begitu saja. Padahal kalau Anda tahu, ampas kopi ini menyimpan berbagai manfaat, baik untuk kesehatan maupun manfaat lainnya. Selain itu seiring dengan meningkatnya konsumsi kopi, ampas kopi pun menjadi salah satu penyumbang sampah makanan lho Scarflover!.

photo by unsplash

Untuk itu bagi Anda penikmat kopi hitam dirumah, ada baiknya Anda tidak langsung membuang ampasnya ke tempat sampah karena ampas kopi ternyata memiliki kegunaan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya!

 

  • Untuk menghilangkan bau tak sedap

 

Baca juga  Hati-hati, Ini Bahaya Minum Teh Setelah Makan

Bubuk kopi mengandung nitrogen yang membuatnya sangat baik dalam menyerap bau. Jika kulkas anda memiliki bau yang tidak sedap karena adanya bahan makanan yang busuk atau telah lama didalam kulkas, Anda bisa menggunakan ampas kopi ini untuk menghilang bau tak sedap dalam kulkas.

 

  • Untuk pupuk tanaman dan anti hama

 

Ampas kopi mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, kalium, nitrogen, besi, magnesium, fosfor, dan kromium, yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Ampas kopi juga mengandung senyawa tertentu seperti kafein dan diterpen, yang bisa sangat beracun bagi serangga.

 

  • Menggosok panci dan wajan

Anda sering dibuat kesal dengan noda membandel di wajan? Nah ternyata ampas kopi juga bisa memantu menghilangkan noda pada wajan dan panci lebih mudah. Teksturnya yang abrasif dapat membantu mengikis makanan yang menempel.

  • Mengempukkan daging
Baca juga  Rekomendasi Produk untuk Perawatan Rambut Rusak

Garam, enzim dan asam adalah tiga jenis pelunak daging alami. Sementara itu, ampas kopi mengandung asam dan enzim alami yang dapat membantu melunakkan daging dan menambah rasa yang lebih gurih dan lembut.

 

  • Lulur tubuh untuk kecantikan

 

Kandungan yang ada pada ampas kopi ternyata bisa membantu menghaluskan kulit dan dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati.

Gimana sekarang sudah tahu kan dibalik ampas kopi yang Anda buang ternyata tersimpan banyak manfaat!

(CD)

Translate »