Punya Baju Berbahan Satin? Begini Cara Merawatnya Agar Tetap Awet!

Pakaian berbahan satin akhir-akhir ini banyak sekali digunakan. Bahan satin memiliki keunikan karena memiliki tekstur permukaan yang lembut dan glossy, sehingga akan membuat penampilan terlihat elegan.

Image by Susan Wilkinson on Unsplash

Memiliki tekstur yang berbeda tentunya juga memiliki perawatan yang berbeda pula. Jika Anda memiliki pakaian berbahan satin dan tidak tahu bagaimana cara merawatnya? Simak caranya dibawah ini!

 

Cuci Baju Menggunakan Tangan

Cara merawat baju berbahan satin agar awet yang pertama ialah harus mencuci menggunakan tangan. Mencuci menggunakan mesin cuci akan membuat bahan baju mudah rusak. Lebih baik Anda mencuci menggunakan tangan secara perlahan agar baju Anda tetap awet pula.

 

Bersihkan Noda Dengan Air Hangat

Baca juga  Baca Ini Untuk Mendapat Inspirasi Berseni Dalam Berbusana!

Jika baju Anda terdapat noda yang menempel, Anda bisa membersihkan noda tersebut dengan menggunakan air hangat dan menggosokannya perlahan menggunakan sponge basah.

 

Menggunakan Detergen Cair Dibanding Bubuk

Pemilihan detergen untuk mencuci baju menjadi salah satu faktor agar membuat baju tersebut tetap awet. Pasalnya, baju berbahan satin lebih cocok menggunakan detergen cair dibandingkan detergen bubuk.

Penggunaan detergen bubuk akan membuat bahan satin cepet rusak karena teksturnya yang kasar, maka bahan satin lebih baik menggunakan detergen cair.

 

Tidak Mencampur Dengan Bahan Lain

Cara selanjutnya yang bisa Scarflover lakukan untuk menjaga baju dengan bahan satin agar awet ialah tidak mencampur baju bahan satin dengan bahan lainnya. Langkah ini untuk menjaga agar bahan satin tidak tergesek-gesek dengan pakaian lain yang berbahan kasar.

Baca juga  Punya Hijab dengan Bahan yang Licin? Ini Trik Menyiasatinya

 

Baju jangan Diperas

Untuk mengeringkan baju berbahan satin, Anda bisa melakukannya dengan membentangkan baju tersebut sampai kering. Jangan memeras pakaian berbahan satin, karena bisa membuat baju menjadi cepat rusak.

 

 Setrika Dengan Suhu Sedang

Tidak seperti baju dengan bahan katun atau bahan lainnya, menyetrika baju berbahan satin cukup dengan suhu sedang saja. Menggunakan suhu yang terlalu panas akan membuat bekas pada pakaian dan membuat baju menjadi cepat rusak.

 

Itulah beberapa cara yang bisa Scarflover ikuti jika Anda memiliki pakaian berbahan satin.

(HV)

Translate »