MUFFEST 2021 Bandung Perkuat Pasar Busana Muslim Jelang Lebaran

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 kembali meramaikan kota kelima, Bandung. Rangkaian MUFFEST 2021 sebelumnya sukses digelar dengan tema “Recovery for Fashion Industry”.

Acara ini dipersembahkan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo di empat kota yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Bekasi. Untuk Bandung, acara berlangsung tepatnya di 23Paskal Shopping Center pada tanggal 26 April-9 Mei 2021. 

Opening Show MUFFEST Bandung dihadiri oleh Dr. H. Dedi Taufik, M.Si, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat yang hadir secara virtual; Olvy Andrianita, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan RI; Taruna K Kusmayadi, Advisory Board Indonesian Fashion Chamber (IFC); Riri Rengganis, Person in Charge MUFFEST 23Paskal Shopping Center Bandung; Retty Sellya, Local Chairwoman IFC Bandung Chapter; dan Apriani, General Manager Dyandra Promosindo dan yang mewakili Bank BJB.

PemProv Jawa Barat Ungkap MUFFEST Terobosan Baru Busana Muslim Bisa Bersaing di Internasional

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyambut baik kegiatan MUFFEST 2021 sebagai langkah positif dalam mendukung pemulihan perekonomian nasional melalui ekosistem industri fashion.

“Subsektor fesyen di Jawa Barat merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif yang memberikan kontribusi besar terhadap PDB ekonomi kreatif Provinsi Jawa Barat yaitu sebesar 34,70% dengan jumlah 267.279 usaha. Industri busana muslim merupakan salah satu bentuk industri fashion yang terkenal di Jawa Barat dengan banyaknya desainer-desainer busana muslim di Jawa Barat yang memiliki khas masing-masing. Ditinjau dari data potensi tersebut, pertumbuhan subsektor fashion di Indonesia khususnya MUFFEST 2021 memberikan suatu terobosan dan inovasi untuk meningkatkan pertumbuhan industri busana muslim di Indonesia, khususnya Jawa Barat. Dengan memaksimalkan semua potensi dan kekayaan budaya untuk dapat bersaing di pasar internasional,” pungkas Dr. H. Dedi Taufik, M.Si selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Opening Fashion Show IFC Bandung Presented by Bank BJB menampilkan karya para desainer fashion muslim dan modest wear kebanggaan Indonesia yang tergabung sebagai member IFC Bandung Chapter, yaitu Nuniek Mawardi, Rengganis, Retty Sellya, Rosie Rahmadi, Irna La Perle, BeauPlay by Astri Lestari, Ofie Laim, Legan by Runny Soema di Pradja, Temmi Wahyuni, Deceusuzan, Nazmi, RI by Rahmaika, AM by Anggiasari, House of Reika by Rika Riskawati, Yufie Kartaatmaja, dan Irmasari Joedawinata. 

Sejumah brand ready-to-wear akan berpartisipasi mempresentasikan koleksi terbaru dalam Fashion Parade, yaitu Nibras, TRZ, Haitwo, Oleandre by Ribie, Cardinal, Mouza Indonesia, Sabhira, Numiaa, dan Ummi Fadilah. Kemudian, Closing Fashion Show akan mempersembahkan ragam koleksi di antaranya dari Rengganis X Multi Sandang Tamajaya, abebemooi by Retty sellya, Deden siswanto, Aninda Nazmi, Heni Novitasari X Yuliana Fitri, Rahma Ika Putri, U2D by Irna Mutiara, dan Widi Asari, Juara 2 Modest Young Designer Competition (MYDC) di MUFFEST 2020.

Baca juga  Rosie Rahmadi Usung Multifuctional Modest Wear dalam Global Talent Digital 2020

MUFFEST 2021 Sebagai Dukungan Para Desainer, UMKM, dan Sekolah Fashion Tanah Air di Kala Pandemi

Image: Dok. MUFFEST BANDUNG 2021

“Penyelenggaraan MUFFEST tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kami berkomitmen dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui fesyen busana muslim serta menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia. Maka dari itu, kami sangat bangga dapat menghadirkan MUFFEST di kota-kota besar secara roadshow,” jelas  Apriani, General Manager Dyandra Promosindo. 

Taruna K. Kusmayadi, Advisory Board Indonesian Fashion Chamber (IFC), menyatakan bahwa Bandung sebagai salah satu pusat fashion muslim bukan hanya di Indonesia, tapi juga di Asia. Untuk itulah, pelaksanaan MUFFEST di Kota Bandung diharapkan dapat mencatat hasil yang positif, tak kalah dengan kota-kota lainnya. IFC memiliki 230 member di 13 chapter di seluruh Indonesia. Kami selalu mendukung UMKM untuk menjadi entrepreneur di bidang fesyen, termasuk fesyen muslim, antara lain melalui inisiasi penyelenggaraan MUFFEST secara berkelanjutan sejak 6 tahun lalu.

Tak hanya itu pula, MUFFEST menepati janjinya untuk menggaungkan karya desainer muda sebagai penerus dalam industri fesyen muslim tanah air, tahun ini MUFFEST Bandung menggandeng siswa dan alumni dari sejumlah sekolah mode di Bandung, yaitu Politeknik STTT Bandung, Universitas Kristen Maranatha, Kriya – Telkom University, dan Islamic Fashion Institute (IFI). 

Sebanyak 16 siswa dan alumni Islamic Fashion Institute (IFI) akan menampilkan rancangan di runway MUFFEST Bandung, yaitu Ralifia, Anggraeny Septianingrum, Anisa Marsiana Putri, Lisna Fauziah X Zaurach, Anti Faradha Jahara, Syifa Fauziah, Chyntia Larasati, Kiky Eka Risky X D I G, Juwita Gilang X Anggia Syarie, Anggia Mawardi, Maliza Indonesia by Felia, ELS’Ignature by Elsya Kurnia, Yumna Shiba, Dede Ananta X Birla, Nina Zalifa, dan Magdara by Mutiara.  

Heni Haerani, Principle Islamic Fashion Institute (IFI) menjelaskan, “Bandung sebagai salah satu kota penyelenggaraan MUFFEST sangat cocok mengingat pasar Bandung cukup bagus untuk baju muslim. Dengan berpartisipasi dalam MUFFEST Bandung, kami berharap hasil karya lulusan IFI dikenal oleh masyarakat luas, terlebih secara institusi, semoga IFI dapat diterima dengan baik oleh IFC selaku asosiasi fesyen yang sangat berpengaruh di Indonesia dan di dunia internasional. Lulusan IFI diharapkan beretika bisnis yang baik, menyampaikan syiar busana muslim dengan skala internasional, selalu saling mendukung, dan menjalankan ukhuwah Islamiyah dalam pergaulan atau gaya hidup.

Baca juga  Kate Spade New York Kini Hadir di Senayan City

Kemudian, Desey Muharlina Bungsu selaku VP Fashion Muslim, Logam Mulia & Blibli Hasanah memaparkan kolaborasi BliBli bersama MUFFEST 2021 untuk semakin memperluas pilihan pelanggan BliBli untuk menyediakan pakaian yang dibutuhkan. Terutama saat ini bertepatan pada bulan Ramadan dan menjelang Lebaran. 

Meskipun Digelar Secara Hybrid, Antusias Tak Surutkan Para Penikmat Dunia Fashion

Untuk itu MUFFEST 2021 digelar secara hybrid, melihat masyarakat akan menjalani Ramadan kali ini dengan lebih optimis karena sudah terbiasa melakukan kegiatan secara online sehingga MUFFEST 2021 tidak hanya hadir secara offline di beberapa kota besar Indonesia saja. 

Melalui pameran dan fashion show di MUFFEST, para pelaku kreatif dan usaha berharap dapat menggiatkan kembali pasar busana muslim di tanah air, khususnya momen yang potensial yaitu bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

Seperti yang diungkapkan oleh Designer Nuniek Mawardi mengenai MUFFEST di Bandung sebagai pengalaman baru dan semangat tersendiri bagi fashion designer atau pelaku usaha untuk tetap berkontribusi menjadi inspirator bagi dunia fesyen di Indonesia yang saat ini sedang dilanda pandemi. Sesuai tema yang diangkat, MUFFEST mengajak teman-teman di industri yang terguncang untuk pulih bersama, memercik semangat kembali untuk menata industri ini selangkah demi selangkah.

Selain fashion show MUFFEST Bandung 2021 turut menghadirkan talkshow dan workshop. Tentunya acara ini juga menerima banyak dari dukungan Direktorat Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, 23Paskal Shopping Centre sebagai Official Venue dan Biznet sebagai Official Internet Provider. Serta dukungan para sponsor yaitu Wardah sebagai Official Makeup & Hairdo, Bank BJB, MUFFEST Exclusive at BliBli, Yello Hotel Bandung dan Hijabersmom Community. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut soal MUFFEST 2021 dapat mengakses streaming melalui www.muslimfashionfestival.com, YouTube Channel: Muslim Fashion Festival dan Instagram Live di @muslimfashionfestival. Informasi terkini dan follow akun Instagram MUFFEST @muslimfashionfestival dan website www.muslimfashionfestival.com

(BR)

Translate »