Mengenal Teknik Buffering dalam Penggunaan Retinol

Bagi Anda para pecinta skincare pasti sudah tak asing lagi dengan kandungan yang satu ini, yakni retinol. retinol dikenal sebagai kandungan yang bisa membantu untuk mengatasi masalah penuaan. Untuk itu, banyak orang yang berusia di atas 25 tahun sudah mulai memasukkan kandungan ini ke dalam rutinitas skincarenya.

Retinol bekerja untuk meningkatkan pergantian sel-sel sehingga dapat mengatasi masalah noda hitam, komedo, hingga pori-pori tersumbat.

Meskipun memiliki manfaat yang luar biasa, namun sayangnya retinol juga bisa membuat kulit menjadi iritasi atau rasa terbakar yang mengakibatkan merah-merah, perih hingga mengelupas. Hal tersebut bisa saja terjadi karena memang retinol adalah kandungan yang cukup kuat, sehingga penggunaannya pun harus dengan hati-hati.

Baca juga  Kiat Tepat Merawat Rambut yang Diwarnai

Misalnya, untuk pemula yang baru mulai menggunakan produk retinol, hindari penggunaan secara langsung di tiap malam. Nantinya, secara perlahan tingkatkan frekuensinya hingga kulit sudah terbiasa dengan retinol.

Mengutip laman Glamour, terdapat trik yang bisa digunakan untuk mengurangi iritasi pada penggunaan retinol, trik ini dinamakan buffering.

image: freepik

Teknik ini memungkinkan Anda mencampurkan retinol dengan pelembab harian Anda sebelum digunakan sehingga akhirnya akan memberikan tekstur yang lebih ringan dan tentunya bisa lebih menyesuaikan pada kulit. Beberapa jenis kulit yang lebih sensitif akan lebih aman menggunakan retinol dengan teknik buffering ini.

Baca juga  Selain Skincare, Beauty Hack Ini Bisa Jadi Teman Me Time di Rumah

Karena penting juga untuk mengetahui bahwa setelah menggunakan retinol, wajib untuk langsung melapisinya lagi dengan pelembab agar kulit tidak menjadi kering. Maka dari itu, teknik ini justru akan membuat Anda merasakan efeknya sekaligus.

Nantinya, saat dirasa kulit sudah bisa menolerir adanya kandungan tersebut, maka Anda bisa coba untuk menghentikan teknik ini dan mulai menggunakannya satu-satu.

Tidak ada ilmu pasti dalam penggunaan skincare, karena yang pasti semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan berbalik terhadap respon kulit saat menerimanya.

Setelah rutin menggunakan retinol, jangan lupa juga untuk selalu menggunakan sunscreen saat pagi hari ya, Scarf Lover! (AA)

Translate »