Pentingnya Personal Branding

Setiap orang harus mempunya ciri khasnya masing-masing, bagaimana Anda dikenal, itu lah yang membuat Anda istimewa. Istilah tersebut biasa dikenal dengan nama personal branding.

Melansir Forbes, Jeff Bezos, Pendiri Amazon mengatakan bahwa personal branding adalah apa yang dikatakan orang lain tentang Anda saat Anda sedang tidak berada disana bersama dengan mereka. Personal branding dianggap sangat fundamental karena merupakan kombinasi ciri khas yang ingin Anda tampilkan pada khalayak.

Personal branding yang efektif akan membedakan Anda dari pesaing dan memungkinkan Anda membangun kepercayaan dengan calon klien dan pemberi kerja. Menurut survei CareerBuilder 2018, 70% pemberi kerja menggunakan media sosial untuk menyaring kandidat selama proses perekrutan, dan 43% pemberi kerja menggunakan media sosial untuk memeriksa karyawan saat ini.

Melihat hal tersebut, mari kenali lebih dalam tentang alasan pentingnya personal branding seperti yang dilansir dari laman careermetis.com.

Baca juga  Anies Minta Agar Pelajar yang Ikut Demo Tak Dikeluarkan dari Sekolah
image: pexels

1. Menunjukkan reputasi baik

Personal branding akan menyaimpaikan sebuah “mengapa” dalam “apa” dari diri Anda. Singkatnya, hal tersebut merupakan faktor yang mendorong Anda untuk bisa sukses. Mengapa? Karena dengan memiliki personal branding membuat Anda lebih santai dalam mengerjakan sesuatu. Kebanyakan orang lebih yakin ketika mereka tahu apa yang bisa Anda lakukan. Ketika mereka menyadari kemampuan Anda, mereka akan merasa rileks dalam membiarkan Anda menangani apa yang mereka butuhkan.

2. Membangun koneksi

Sebuah personal branding dapat membantu Anda untuk menjalin koneksi dengan banyak orang. Karena dengan personal branding, orang lain akan lebih mengenal apa yang Anda perlihatkan. Tentu hal tersebut sangat penting untuk membangun sebuah kredibilitas.

3. Mengembangkan kepercayaan

Personal branding membantu Anda membangun citra Anda sebagai inovator dan ahli di bidang spesialisasi Anda. Tentunya karena orang lain telah memercayai apa yang telah Anda kerjakan selama ini. Alhasil dengan mudah membuat Anda bisa dipercaya dan lebih dihargai.

Baca juga  Resep Tahu Walik Sambal Colo-Colo Pedasnya Poll

4. Meraih keyakinan

Anda dapat memperoleh kepercayaan diri saat menyiapkan personal branding pada saat yang bersamaan. Ini merupakan titik yang harus Anda tentukan tentang bagaimana Anda ingin terlihat di publik. Personal branding yang dilakukan dengan baik akan menonjolkan kekuatan Anda dan memberikan arahan ke mana harus menggunakannya.

5. Mengamankan legitimasi

Personal branding berasal dari tujuan, keahlian, sasaran, dan nilai. Ini adalah pegangan untuk Anda selama menjalani karir. Legitimasi bahwa branding pribadi membantu meminimalkan kekurangan Anda dan memperbaikinya. Selain itu, personal branding membantu mengembangkan kepercayaan sekaligus memperoleh kepercayaan, keaslian, dan integritas.

(AA)

Translate »