Apakah Kopi Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan?

Kopi telah dikenal oleh banyak orang sebagai minuman untuk membantu meningkatkan semangat, terutama di pagi hari. Maka dari itu terdapat istilah yang Namanya morning coffee. Ada beragam jenis kopi, Anda cukup menyesuaikan dengan keinginan, terutama tingakan kafeinnya.

Kandungan kafein pada kopi sangat ampuh untuk menhana rasa kantuk terutama saat sedang beraktivitas di siang hari. Namun tak banyak orang menyukai kafein yang terlalu tinggi karena terasa tidak nyaman di perut.

Tidak hanya itu, kandungan kafein juga sering ditambahkan pada produk-produk skincare hingga suplemen pembakar lemak.

Namun apakah kopi sebenarnya bisa membantu untuk menurunkan berat badan?

imgae: unsplash

Menurut laman healhtline, kopi mengandung stimulan. Di dalamnya banyak terdapat zat aktif yang bisa mempengaruhi metabolisme tubuh. Stimulan tersebut diantaranya,

  1. Kefein, sebagai stimulan utama pada kopi. Kafein ini dapat memblokir neurotransmitter yang dikenal dengan adenosine. Kafein meningkatkan pengaktifan neuron dan pelepasan neurotransmitter, yang membuat Anda merasa lebih berenergi dan terjaga.
  2. Theobromine, stimulan utama dalam kakao, bisa juga ditemukan dalam jumlah yang lebih kecil pada kopi.
  3. Teofilin, biasa ditemukan pada kopi yang mana telah digunakan juga untuk mengobati asma.
  4. Asam Klorogenat, salah satu senyawa aktif biologis utama dalam kopi; dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat.
Baca juga  ‘‘TIPS PUSH UP YANG BENAR’’ ala Jenahara Nasution

Kopi dapat meningkatkan laju pembakaran kalori saat istirahat. Hal tersebut dikenal dengan nama metbaolisme istirahat. Semakin tinggi tingkat metabolisme, maka akan semakin mudah pula untuk Anda menurunkan berat badan. Studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme sebesar 3–11%, dengan dosis yang lebih besar memiliki efek yang lebih besar. Namun perlu diketahui bahwa efeknya juga akan bisa menurun seiring dengan bertambahnya usia ya, Scarf Lover.

Baca juga  Berkomitmen Menjaga Lingkungan, ZALORA Keluarkan Koleksi Fashion Ramah Lingkungan
image: pixabay

Bicara hubungan soal kopi dengan penurunan berat badan, Anda harus mengetahui efek jangka panjang yang membuat orang menjadi toleran terhadap efek kafein dari waktu ke waktu. Namun untuk efek jangka pendek, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme dan juga peningkatan pembakaran lemak, setelah menjadi toleran, efek akan semakin berkurang.

Selain itu, banyak orang merasa saat meminum segelas kopi, akan menurunkan rasa nafsu pada makanan, pada perempuan seringkali membuat malas makan atau hanya makan sedikit karena efek yang dihasilkan dari kafein. Mungkin ini yang bisa dijadikan anggapan bahwa kopi membantu untuk menurunkan berat badan.

Namun yang harus selalu diperhatikan bahwa segala yang berlebihan itu tidak baik, jika Anda memang sangat menyukai kopi, imbangi dengan meminum air putih yang cukup sehingga kesehatan tetap terjaga. (AA)

Translate »