Sabun dari Minyak Jelantah, Sudah Pernah Coba?

Demi meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dari segala macam pencemaran yang ada, gerakan sustainability atau bekelanjutan masih sangat diminati hingga sekarang.

Dimana saat ini sudah banyak sekali inovasi-inovasi terbaru dari pemanfaatan barang yang seringkali dianggap tak berguna, diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Salah satu contohnya adalah minyak jelantah. Scarv Lover pasti tahu minyak jelantah kan?

Minyak jelantah pada dasarnya adalah minyak bekas yang telah digunakan untuk segala macam proses kebutuhan rumah tangga. Minyak jelantah memiliki banyak sekali manfaat buruk jika terus-terusan dipakai untuk proses memasak. Maka dari itu seringkali minyak harus dibuang setelah beberapa kali penggunaan.

Seperti yang kita tahu, apabila minyak bekas atau jelantah yang dibuang ke saluran air, bisa membuatnya mencemari lingkungan. Karena pekatnya minyak jika terbawa hingga ke laut akan membuat sebuah lapisa yang dapat menutupi permukaan air. Lama kelamaan laut akan menjadi tercemar.

Baca juga  4 Rekomendasi Merek Car Seat, Buat Anak Anteng di Mobil!

Namun seiring dengan perkembangan, ditemukan sebuah inovasi yang memanfaatkan minyak jelantah untuk diolah menjadi barang bermanfaat, salah satu yang terkenal adalah sabun cuci. Tentunya trik ini sangat bermanfaat bukan?

Yuk sama-sama kita lihat cara pembuatannya seperti yang dilansir dari laman zerowaste.id.

Bahan-bahan

  1. Minyak jelantah
  2. Soda api
  3. Jahe
  4. Jeruk nipis
  5. Daun binahong
  6. Air
  7. Cetakan
  8. Tempat dan alat untuk mengaduk

Cara membuat

  1. Mengingat minyak jelantah memiliki aroma yang kurang sedap, Scarf Lover memerlukan jahe untuk mengurangi baunya. Anda bisa menggoreng jahe dengan minyak jelantah. Kemudian saring dan sisihkan.
  2. Selanjutnya timbang minyak tersebut sampai 200 gram.
  3. Kemudian masukan soda api sebanyak 33.6 gram ke dalam 100 ml air. Pada proses ini harap hati-hati ya, Scarf Lover. Karena jika salah ukuran bisa meledak.
  4. Lalu Anda bisa masukan larutan tersebut ke dalam minyak jelantah. Lakukan secara perlahan dan jangan lupa untuk diaduk rata hingga mengental.
  5. Tambahkan pula jeruk nipis agar aroma semakin segar dan juga daun binahong sebagai anti bakteri.
  6. Jika semua sudah larut, tuang ke dalam cetakan dan tunggu hingga 3-5 hari sampai mengeras
  7. DIY sabun minyak jelantah sudah siap untuk Anda gunakan
Baca juga  Rekomendasi Film Netflix untuk Temani Akhir Pekan

Wah, dengan demikian, tentu tak akan ada lagi sampah minyak yang terbuang dengan sia-sia. Scarf Lover tertarik untuk mencoba? (AA)

Translate »