Lakukan Hal Ini Agar Hasil Olahraga Jadi Lebih Maksimal

Apa yang Anda harapkan dari melakukan olahraga secara rutin? Tentunya Anda ingin agar tubuh menjadi lebih sehat dan ada pula yang ingin menurunkan berat badan.

Namun tak hanya pada saat olahraga saja Anda yang harus diperhatikan, akan tetapi pasca-olahraga juga penting untuk mempertahankan tingkat energi yang optimal saat Anda memulihkan vitalitas.

Seperti yang dilansir dari laman healthline.com, berikut ada beberapa hal yang harus dilakukan agar olahraga yang Anda lakukan tetap efektif dan tidak berakhir sia-sia.

image: freepik

1. Jangan Lupa Hidrasi Tubuh

Saat Anda betul-betul ingin mencapai target yang telah dibuat, tentu Anda rela olahraga mati-matian sampai berkeringat setiap harinya. Namun jangan lupa untuk selalu menggantikan cairan yang telah keluar dari tubuh dengan meningkatkan konsumsi air putih. Meningkatkan kembali cairan tubuh akan meningkatkan pula fleksibilitas otot serta mencegah nyeri otot.

Baca juga  5 Fakta Indrian Puspita, Paskibraka Pembawa Baki Upacara Hut RI Ke-75

2. Konsumsi Camilan yang Sehat

Saat 45 menit setelah berolahraga, Anda boleh lho mengkonsumsi camilan, Scarf Lover. Tapi ingat untuk memilih camilan yang sehat. Pilih camilan yang mengandung karbohidrat dan juga protein. Karbohidrat dapat membantu meulihkan tingkat glikogen sehingga dapat mengisi ulang energi. Sedangkan protein untuk membantu pemulihan otot dan menyediakan asam amino yang membantu memperbaiki dan membangun otot kembali.

3. Tetap Lakukan Olahraga Ringan di Waktu Kosong

Tentunya Anda sudah memiliki jadwal untuk melakukan Latihan kan, Scarf Lover. Jadwal tersebut harus konsisten untuk Anda lakukan, selain itu Anda juga boleh lakukan olahraga ringan di waktu-waktu kosong atau libur. Misalnya jalan kaki, berenang atau yoga. Hal ini dapat membantu penumpukan asam laktat, membuang racun dan meningkatkan sirkulasi.

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Keratosis Pilaris pada Kulit

4. Jangan Pernah Lupa untuk “Cooling Down” Setelah Olahraga

Olahraga ringan ataupun berat, Anda tetap harus melakukan pendinginan karena memungkinan detak jantung Anda dapat bertahap kembali berdetak ke normal. Pendinginan juga membantu menghentikan penggumpalan darah di ekstremitas bawah, yang mungkin membuat Anda merasa pusing atau pusing. Tak hanya itu, dapat juga mencegah stress dan nyeri otot.

5. Tingkatkan Konsumsi Protein dan Karbohidrat

Setelah berolahraga, jangan lupa untuk selalu meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi akan protein, seperti susu, yogurt, telur, keju, ikan serta kacang-kacangan serta makanan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, ubi, pasta dan juga roti. Makanan-makanan tersebut dapat membantu untuk mendukung pertumbuhan otot.

(AA)

Translate »