9 Kandungan Nutrisi Anak yang Harus Tercukupi

Sebagai seorang ibu, tentu harus selalu memperhatikan kebutuhan gizi sang anak, terutama yang masih berusia belia. Hal tersebut dikarenakan agar sang anak memiliki kebutuhan nutrisi yang cukup setiap hari agar selalu sehat.

Tentunya, Anda juga selalu mendengar istilah dimana setiap anak harus memiliki pola makan yang seimbang. Namun, keseimbangan seperti apa yang dimaksudkan?

Melansir parents.com, berikut terdapat 9 kandungan nutrisi anak yang harus selalu tercukupi.

1. Protein

image: freepik

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan bila mengonsumsi protein yang cukup, salah satunya adalah membantu agar memecah makanan menjadi energi sehingga anak bisa kuat untuk beraktivitas seharian. Selain itu protein juga bisa bantu untuk membangun sel, melawan infeksi dan juga membawa oksigen pada tubuh.

Makanan yang mengandung protein diantaranya adalah daging, ikan, telur, kacang polong atau pun produk-produk susu.

2. Karbohidrat

image: pixabay

Mungkin bagi orang dewasa yang sedang ingin menurunkan berat badan sangat mengurangi untuk konsumsi karbohidrat. Tapi hal ini tidak berlaku untuk anak-anak ya, Scarf Lover. Mengingat bahwa anak masih dalam masa pertumbuhan, kebutuhan gizi pun harus tercukupi dan seimbang, salah satunya karbohidrat. Karbohirat berfungsi sebagai energi yang paling penting di dalam tubuh dimana kandungan ini membantu tubuh anak menggunakan lemak dan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan.

Karbohirat sendiri bisa hadir dengan berbagai bentuk, seperti serat, gula dan juga pati. Tentunya, hindari untuk mengonsumsi gula terlalu banyak untuk si kecil ya, Scarf Lover. Lebih baik untuk memberinya makanan lain sangat bermanfaat, seperti roti, sereal, nasi, biskuit, pasta, dan juga kentang.

Baca juga  Cara Mengajar Anak Tentang Emosi dan Perasaan

3. Lemak

image: freepik

Selanjutnya ada lemak, lemak juga sangat berfungsi sebagai energi yang dapat disimpan di dalam tubuh. Lemak bermanfaat karena membantu tubuh untuk menggunakan beberapa nutrisi lain yang dibutuhkannya dengan benar. Makanan yang mengandung lemak tingkat tinggi meliputi produk-produk susu murni, daging, ikan dan juga kacang-kacangan,

4. Kalsium

sumber: healthline.com

Di masa pertumbuhan anak, kalsium berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga bermanfaat sebagai pembekuan darah dan berfungsi untuk saraf, otot dan juga jantung. Sangat mudah menemukan makanan dan juga minuman yang mengandung kalsium, seperti susu, keju, yoghourt, es krim, kuning telur, brokoli, bayam dan juga tahu.

5. Zat Besi

image: pixabay

Kandungan yang satu ini sangat diperlukan anak karena dapat membangun darah sehat yang bisa membawa oksigen ke seluruh sel tubuh. Apa saja produk yang mengandung zat besi? Diantaranya adalah daging merah, hati, kerang, biji-bijian utuh, kacang polong, kacang-kacangan.

6. Folat

image: pixabay

Tak hanya bermanfaat untuk para calon ibu, namun anak-anak juga memerlukan kandungan folat di dalam tubuh lho, Scarf Lover. Asam folat sangat diperkukan untuk dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel anak agar selalu sehat. Namun jika anak mengalami kekurangan vitamin B atau asam folat, akibatknya akan menyebabkan anemia.

Jadi, sebagai pencegahannya, tentu harus menyeimbangkan dengan selalu mengonsumsi makanan yangan mengandung asam folat, seperti sereal gandum utuh, kacang-kacangan, buncis, asparagus, bayam, kacang hitam dan merah, kubis.

Baca juga  Mengenal Perjanjian Pranikah. Pentingkah Dilakukan?

7. Serat

image: freepik

Untuk mendapatkan pencernaan yang baik dan sehat, harus selalu didukung dengan mengonsumsi hal-hal yang mengandung serat karena dapat menghasilkan keteraturan usus pada anak.

Kandungan serat juga bisa membantu mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan kanker nantinya.

Berikut adalah makanan yang mengandung serat: sereal gandum utuh, buncis, kacang-kacangan, kacang merah, biji-bijian ataupun beras merah.

8. Vitamin A

Pixabay

Tak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga jangan melupakan kandungan yang satu ini ya, Scarf Lover. Karena kandungan Vitamin A sangat berhubungan pada area mata, dimana Vitamin A dapat membantu pertumbuhan mata, menyesuaikan mata saat melihat sebuah cara yang terang dan juga redup. Selain mata, kandungan Vitamin A juga baik untuk menjaga Kesehatan kulit untuk menjaga agar selalu sehat, mencegah infeksi.

Makanan yang mengandung vitamin A tingkat tinggi meliputi wortel, ubi jalar, labu, apricot, bayam, brokoli, kubis, minyak ikan, dan kuning telur.

9. Vitamin C

image: pixabay

Kandungan terakhir untuk menyempurnakan nutrisi sang anak adalah Vitamin C. Scarf Lover tentu sudah paham betul mengenai kandungan yang satu ini bukan?

Vitamin C bisa melawan berbagai macam penyakit, misalnya seperti flu dan sariawan. Vitamin C juga dapat memperkuat dinding pembuluh darah dan juga menyatukan sel-sel tubuh serta bantu menyembuhkan luka.

Makanan yang mengandung vitamin C antara lain tentunya jeruk, stroberi, tomat, lemon, kubis, brokoli, kentang, kol, bayam, manga, dan papaya.

(AA)

Translate »