Nusantara Fashion Festival 2020 Hadirkan Pengalaman Baru Virtual Fashion Show

Berawal dari sebuah inisiatif Kementerian BUMN melalui Bank BRI untuk mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia yang telah dicetuskan pada bulan Mei yang lalu, bertemakan sebuah fashion, hadir sebuah event yang bertajuk Nusantara Fashion Festival 2020.

NUFF 2020 merupakan sebuah event pertama dan terbesar di Indonesia yang menghadirkan 300 UMKM  sektor mode dan juga koleksi busana terbaik dari 75 perancang busana, label dan brand. Bertepatan pada hari raya kemerdekaan Indonesia, NUFF 2020 menghadirkan sebuah fashion show yang dihadirkan secara virtual.

“Antusiasme dan sinergi semua pihak yang terlibat dalam NUFF 2020 merupakan bentuk semangat kemerdekaan yang dijunjung oleh pekerja seni dan mode Indonesia untuk maju. Kami harapkan Virtual Fashion Show dan Charity Auction NUFF 2020 dapat menjadi wujud perjuangan industri kreatif untuk dapat mengakselerasi UMKM di sektor mode serta mempresentasikan karya dan produk mode tanah air. Dukungan ini juga merupakan bentuk nyata upaya Bank BRI mendukung UMKM yang tengah berjuang untuk bangkit di tengah pandemi,” ungkap Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI.

Ben Soebiakto selaku CEO Samara Media & Entertainment juga mengungkapkan bahwa adanya pagelaran fashion show yang dilakukan secara virtual tentu akan sangat berbeda dari yang biasanya karena persiapan yang dilakukan jauh lebih kompleks. Namun demikian, fashion show yang digelar secara virtual tentu lebih menguntungkan karena dapat disaksikan oleh lebih banyak pengunjung, mengingat jangkauannya yang tidak terbatas.

“Kami melihat justru ada opportunity baru ketika mengalami pandemi seperti ini kita dipaksa untuk bertransformasi untuk mengelola event, dan yang kami lihat adalah potensi yang bukan cuma puluhan ribu tapi bahkan jutaan masyarakat Indonesia ataupun lokal produk yang kan dipertontonkan dalam dua hari ini bisa ditonton juga oleh masyarakat yang lebih luas. Jadi ini adalah langkah baru dan mungkin satu-satunya yang kami lihat menjadi kolaborasi terbesar di Indonesia,” ujar Ben.

Baca juga  Coach Hadirkan Sneaker dengan Teknologi Tinggi

Sebagai seorang Art Director dan juga Kurator NUFF 2020, Jay Subyakto menjelaskan bahwa panggung mode virtual fashion show NUFF 2020 ini merupakan sebuah wadah kolaborasi pada penggiat mode untuk memanifestasikan ragam kreativitas dan juga talenta anak banga.

Jay juga mengatakan bahwa ia menginginkan sebuah konsep virtual fashion show dimana ia ingin melihat bagaimana orang lain melihat pagelaran lewat sebuah gawai. Pada saat ajang inilah ia juga ingin menampilkan sebuah nuansa baru dari setiap fashion desainer lokal yang turut bergabung.

“Salah satu tantangan dalam menghadirkan panggung mode virtual adalah bagaimana menghadirkan ambience dan juga detail pengalaman menyaksikan produk mode dari layar kaca. Kami menggabungkan karya presentasi mode digital yang memperlihatkan detail dari rancangan, bahan dan identitas dari setiap karya, dipadukan dengan rangkaian acara yang ditayangkan secara live stream,” ungkap Jay.

Didiet Maulana sebagai seorang desainer dan juga Kurator NUFF 2020 mengatakan, “dengan adanya platform ini, memberikan adanya sudut pandang optimisme karena ini sangat penting sekali. Biasanya kita melihat adanya hastag Bangga Buatan Indonesia dan menruut saya melalui platform ini tidak hanya akan berakhir sebagai sebuah hastag, tapi akanmembuat sebuah aktivasi atau movement dimana kita sama-sama melihat bahwa dunia mode Indonesia ini masih ada dan juga makin keren karena saat ini melihat banyaknya generasi muda yang membeli produk Indonesia. tidak hanya karena keren tetapi mereka menyadari bahwa ada sebuah value dibaliknya,”

Acara Nusantara Fashion Festival juga menggaet dua e-commerce yakni Tokopedia dan juga Bukalapak sebagai official e-commece partner yang memungkinkan agar para UMKM mode dapat berinteraksi dengan konsumen.

Baca juga  Tanpa Makeup Dan Tetap Terlihat Cantik, Ini 8 Tipsnya

“Salah satu alasan kami terlibat dalam NUFF 2020 ini tentunya untuk mensupport fashion mode. Dimana kita juga melihat bahwa adanya yang terdampak dari pandemi sejak bulan Maret. Maka dari itu kami sangat senang sekali bisa bergabung.” kata Kevin Mintaraga, VP Tokopedia.

Kevin juga menjelaskan bahwa Kolaborasi ini juga sejalan dengan fokus kampanye Tokopedia #JagaEkonomiIndonesia. Sebagai perusahaan teknologi yang menjadi rumah bagi lebih dari 8,6 juta penjual, Tokopedia selalu percaya bahwa kunci menghadapi pandemi adalah beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi.

Dari sisi Erick Wicaksono sebagai VP Bukalapal pun menjelaskan partisipasi Bukapalak dalam event kesempatan yang tepat untuk para UKM sektor mode mewujudkannya.

“Dengan memanfaatkan Bukalapak untuk memasarkan karyanya, para pelaku usaha mode akan terhubung dengan potential market dari seluruh penjuru tanah air dan menikmati proses transaksi yang mudah, nyaman, dan aman secara online. Kami tentunya berharap kontribusi kami ini dapat membawa dampak yang signifikan bagi keberlangsungan bisnis para pelaku UMKM di Indonesia, sesuai dengan komitmen dan fokus kami sejak awal berdiri,” terang Erick.

Ben Soebiakto berharap agar NUFF 2020 ini dapat hadir sebagai salah satu tonggak semangat inovasi bagi para pegiat mode di Indonesia. Serta optimasi ekosistem digital, memberikan kemudahan akses bagi UMKM mode untuk memperluas jangkauan bisnis dan mempersuasi masyarakat Indonesia untuk Bangga Buatan Indonesia.

Seluruh rangkaian NUFF 2020 ini dapat dilihat melalui situs resmi www.nusantarafashionfestival.com. Tidak hanya itu, tentunya pengujung juga dapat melihat keseruan melalui tayangan live streaming. (AA)

Translate »