Penting! Siasat Mengontrol Pengeluaran untuk Berbelanja

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stres, baik mengenai finansial, pekerjaan, keluarga atau percintaan. Jika tidak segera diatasi, stres akan berdampak buruk dan menimbulkan gangguan kesehatan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres, seperti berbelanja.

Mengutip laman Liputan 6, sebuah penelitian mengatakan belanja bisa menghilangkan stres. Terapi belanja bisa membantu seseorang menghilangkan kesedihan bahkan sampai stres. Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa membeli sesuatu 40 kali lebih efektif dalam memberikan kontrol kepada seseorang yang diserang rasa sedih.

Alih-alih menghilangkan stres, tak jarang berbelanja membuat seseorang menjadi kecanduan dan boros. Tentunya Anda tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan? Apalagi saat ini, belanja sudah bisa dilakukan melalui daring alias online yang membuat semua menjadi lebih cepat dan mudah.

Baca juga  Gempa di Talaud Menyebabkan Adanya Kerusakan Bangunan

Berikut ini tips berbelanja untuk menghilangkan stres namun masih dalam tahap wajar dan tidak menjadi candu.

1. Beli Sesuatu yang Memang Dibutuhkan

image: freepik

Ketika berbelanja online, kita akan menjumpai banyak sekali produk dengan mudah. Alhasil, hal tersebut membuat kita kerap kecolongan untuk membeli banyak hal yang belum tentu kita butuhkan. Akhirnya, berbelanja yang tidak sesuai kebutuhan justru membuat kita semakin stres. Tapi tenang, hal tersebut masih bisa disiasati dengan membuat daftar kebutuhan yang ingin dibeli. Sehingga, pada saat Anda merasa stres, Anda bisa mengalihkan perhatian dengan cara berbelanja kebutuhan yang memang diperlukan.

2. Alokasikan Dana

image: freepik

Bagi Anda yang sering mengalami stres, tidak ada salahnya mengalokasikan sejumlah uang untuk berbelanja. Tetapi perlu dingat, jangan terlalu dijadikan prioritas. Cara mengalokasikan sejumlah uang untuk belanja, membuat Anda lebih mawas diri ketika belanja. Sehingga tidak berakhir menjadi boros.

Baca juga  Liburan dan Belajar Peradaban Islam di 4 Negara Ini

3. Catat Pengeluaran

image: freepik

Setelah belanja barang untuk menghilangkan stres, jangan lupa untuk dicatat pengeluarannya. Anda bisa mencatat di buku keuangan. Melalui cara ini, bisa membantu Anda mengatur keuangan saat membeli barang.

4. Manfaatkan Promo

image: pixabay

Siapa yang tidak suka kalau barang yang akan dibeli sedang ada diskon atau promo? Tentunya tidak akan ada yang menolak hal itu. Nah, Anda bisa memanfaatkan promo saat ingin berbelanja. Jadi, pengeluaran bisa lebih hemat dan stres jadi hilang.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Scarf Lovers coba saat sedang berbelanja untuk menghilangkan stres dan supaya tetap hemat. (DA)

Translate »