Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur

Kegiatan menyantap sahur di bulan puasa terkadang membuat Anda bingung harus menyiapkan hidangan apalagi sehingga membuat keluarga Anda selalu bersemangat saat ingin mengonsumsinya. Anda juga harus selalu menjaga kandungan pola makanan saat sahur agar tidak lemas saat sudah tengah hari.

Di bawah ini Scarf Media berikan rekomendasi makanan yang tentunya baik dikonsumsi saat sahur agar lebih sehat dan tetap bertenaga menjalani puasa seharian.

  1. Kurma
image: freepik.com

Kurma merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin. Selain itu kurma bisa dengan mudah dikonsumsi, bisa dicampur dengan makanan lain atau bahkan mengonsumsi secara langsung. Apabila dikonsumsi secara langsung, Anda bisa memakan kurma dengan jumlah ganjil seperti sunnah nabi, seperti 1,3,5, atau 7 butir. Rasa manis dari jenis gula yang ada pada kurma sangat baik bagi energi tubuh manusia, terutama saat melakukan kegiatan sehari-hari.

  1. Telur Rebus
Baca juga  Resep Bakwan Pontianak, Gurih dan Enak!
image: freepik.com

Kandungan protein dan vitamin lain yang ada pada telur tentunya sangat baik bagi Anda untuk dikonsumsi saat sahur. Salah satu olahan mudah dari telur adalah dengan merebusnya. Telur rebus ini bisa dengan mudah menemani menu sahur Anda. Selepasnya, jangan lupa untuk minum air yang cukup ya Scarf Lover!

  1. Sayur
image: freepik.com

Bisa dikatakan bahwa sayur merupakan makanan wajb sehari-hari terutama saat sedang sahur. Bagi Anda yang tidak terbiasa makan nasi saat sahur bisa diganti dengan sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli, selada dan lain sebagainya dengan jumlah cukup banyak agar Anda tidak mudah lemas dan tentunya tetap sehat. Anda juga bisa tambahkan kentang rebus dan juga jagung manis untuk menjadikannya semangkuk salad.

  1. Buah
Baca juga  4 Panduan Pola Makan Sehat saat Lebaran, Bebas Rasa Khawatir!
image: freepik.com

Selain menyehatkan bagi tubuh dan juga kulit, buah bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk sahur karena bangun terlambat. Anda bisa dengan mudah menyantap buah yang ada di rumah, seperti apel, pisang, kurma atau semangka. Semangka juga baik karena memiliki kandungan air yang tinggi sehingga membuat tubuh Anda terhidrasi sepanjang hari.

  1. Susu
image: freepik.com

Tentunya segelas susu tidak boleh di dilupakan saat sedang menyantap hidangan sahur dengan keluarga. Kandungan kalsium, protein serta nutrisi lain dari susu dapat membuat kita tetap kuat dan bertenaga kala puasa saat sudah menuju siang hari. Selain bisa diminum secara langsung, susu bisa dikreasikan pada menu lain seperti smoothie atau campuran pada gandum yang rasanya tidak kalah nikmat. (AA)

Translate »