Halal Creative Forum : Menyatukan Inovasi dan Strategi untuk Mendorong Indonesia sebagai Pusat Industri Kreatif Halal Global

Industri kreatif halal semakin menonjol sebagai sektor kunci dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat inovasi halal, terutama dalam bidang mode dan teknologi. Inilah latar belakang diselenggarakannya Forum Kreatif Halal 2024, yang bertujuan menjadi wadah bagi pelaku usaha, kreator, dan desainer untuk mengeksplorasi dan membahas perkembangan sektor ini.

Forum yang diadakan di Balairung Soesila Soedarman Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada 5 September 2024, dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam sambutannya, ia menyoroti potensi besar Indonesia dalam industri busana Muslim dan kreatif, dengan menekankan kekuatan pasar yang stabil baik dari segi ekonomi maupun politik.

Image : Scarf Media

Diskusi di forum ini mencakup berbagai topik, termasuk tren digital dan pentingnya membangun identitas brand atau Brand DNA. Desainer fashion modest, Hannie Hananto, menjelaskan pentingnya memahami karakter dan nilai unik brand untuk menciptakan daya tarik yang kuat di pasar. “Memahami DNA brand sangat penting untuk membedakan diri dari pesaing dan membangun kepercayaan konsumen,” ujarnya. Khanaan Shamlan dan Andanu Prasetyo turut memberikan pandangan mereka tentang pentingnya orisinalitas dalam pengembangan bisnis kreatif.

Baca juga  Angelina Sondakh Bakal Bebas Keluar dari Penjara, Langsung Kunjungi Makam Suami

Selanjutnya, forum membahas strategi untuk memperkuat ekosistem industri halal agar usaha-usaha lokal dapat terus berkembang. M. Syukron Habiby dari Bank Syariah Indonesia dan Dr. Sutan Emir Hidayat dari KNEKS menekankan bahwa ekosistem yang mendukung adalah kunci untuk pertumbuhan sektor ini di Indonesia.

Forum ini juga mengeksplorasi peran teknologi dalam mendukung industri busana Muslim. Pada sesi ini, para pembicara menyoroti bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan memperkuat branding. Diskusi berlanjut dengan membahas potensi Indonesia untuk menjadi pusat mode busana Muslim global, serta persiapan dan indikator penting yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca juga  Jakarta Memiliki Al Quran Raksasa Bermotif Betawi

Di sisi lain, forum juga membahas pentingnya regulasi, asosiasi, dan industri pendukung dalam memperkuat ekosistem industri kreatif halal dan bagaimana kolaborasi dapat mendorong pertumbuhan yang lebih signifikan.

Dengan semangat dan optimisme yang tinggi dari para pelaku industri, Halal Creative Forum 2024 menjadi platform penting untuk berbagi ide dan pengalaman. 

Acara ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat industri kreatif halal global. Melalui kolaborasi dan dukungan berkelanjutan, Indonesia siap menghadapi pasar global dengan produk halal yang inovatif dan berkualitas.

Kegiatan Halal Creative Forum 2024 ini di sponsori oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, serta didukung oleh Wardah, Bank Syariah Indonesia, Testex Indonesia, Warna Warni Indonesia, Watsons, Naremax, dan Jakarta Rent Bus, Dompet Dhuafa.

Translate »