Pentingnya Adab Bergaul dengan Lawan Jenis

Saat ini bergaul dengan lawan jenis memang bukanlah hal yang dilarang dalam Islam. Namun, pergaulan antar lawan jenis ini perlu didasari dengan etika agar tidak melanggar syariat yang ada.

Salah satu godaan yang amat besar pada usia remaja adalah rasa ketertarikan terhadap lawan jenis. Memang, rasa tertarik terhadap lawan jenis adalah fitrah manusia, baik wanita atau lelaki. Namun jika kita tidak bisa mengontrol perasaan tersebut, maka akan menjadi resiko yang amat besar, baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang yang kita sukai.

Untuk menghindari perilaku dan fitnah buruk tersebut, Berikut ini adalah beberapa batasan-batasan pergaulan antara laki-laki dan perempuan :

1. Menahan Pandangan

قُل لِّلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا۟ مِنْ أَبْصَٰرِهِمْ وَيَحْفَظُوا۟ فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرٌۢ بِمَا يَصْنَعُونَ

Baca juga  Keindahan Bulan Ramadan

Artinya: “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat,”

2. Dilarang untuk berkholwat (berdua-duan)

لاَ يَخْلُوَنَّ أَحَدُكُمْ بِامْرَأَةٍ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ ثَالِثُهُمَا

Janganlah salah seorang diantara kalian berduaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) karena setan adalah orang ketiganya, maka barangsiap yang bangga dengan kebaikannya dan sedih dengan keburukannya maka dia adalah seorang yang mukmin.” (HR. Ahmad, sanad hadits ini shahih).

3. Menjaga aurat terhadap lawan jenis

الْمَرْأَةُ عَوْرَةٌ فَإِذَا خَرَجَتِ اسْتَشْرَفَهَا الشَّيْطَانُ

Wanita itu adalah aurat. Jika dia keluar maka setan akan memperindahnya di mata laki-laki.” (HR. Tirmidzi, shahih).

Baca juga  Keutamaan Ayat Kursi

4. Menjaga etika dan sopan santun

Menjaga akhlak mulia kepada lawan jenis dengan selalu berbicara dengan sopan dan santun. Berbicara sesuai dengan kepentingan dan menghindari pembicaraan yang dapat membangkitkan syahwat.

5. Tidak menyentuh lawan jenis

Islam tidak memperbolehkan laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya bersentuhan kulit. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya aku tidak berjabat tangan dengan wanita.” (HR. Malik, Nasa’i, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Sebagai seorang muslim-muslimah baik remaja atau dewasa, kita mempunyai niat yang sungguh-sungguh untuk mematuhi adab-adab bergaul dengan lawan jenis tersebut. Semoga Allah menjauhkan hal-hal yang merugikan untuk diri kita.

Translate »