100 Brand Modest Fashion dari Dalam dan Luar Negeri, Muslimah Creative Day 2024 Siap Dihelat September Mendatang

Scarf Media sebagai media digital yang fokus ke gaya hidup halal, kembali menghadirkan event tahunan Muslimah Creative Day 2024. Berbeda dari tahun lalu, pada September mendatang akan ada pre-event bertajuk Halal Creative Forum yang dilaksanakan sehari sebelumnya. Rangkaian acara akan diawali oleh Halal Creative Forum pada tanggal 5 September 2024 bertempat di Balairung Gedung Sapta Pesona, Jakarta dan dilanjutkan dengan Muslimah Creative Day 2024 pada tanggal 6-8 September 2024 di City Hall Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan.

Image: Scarf Media

Temi Sumarlin selaku CEO Scarf Media mengatakan “Kami perlu menghadirkan satu platform yang menjadi rujukan strategis tahun depan untuk pemerintah yang akan melanjutkan ke periode selanjutnya. Bukan hanya tempat diskusi tetapi juga bisa memberikan rujukan yang dibutuhkan untuk creator ke step forward. Jadi nantinya bisa menghasilkan kebijakan strategis bagi industri kreatif halal di Indonesia,” jelasnya saat Press Conference Halal Creative Forum & Muslimah Creative Day 2024 di GKM Green Tower Lt.20, Jakarta pada Kamis, (25/7).

Image: Scarf Media

Lanjutnya, Temi mengungkapkan akan ada penambahan brand modest fashion dari 80 tenant menjadi 100 tenant pada tahun ini. Brand modest fashion tersebut tidak hanya dari Jabodetabek, tetapi juga ada dari luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, dan Belgium.

Image: Scarf Media

“Saya rasa modest fashion menjadi bagian yang penting di industri fesyen, contohnya di Belgium dengan perkembangan modest fashion yang sangat baik disana. Saya juga melihat modest fashion di Indonesia sangat berkembang pesat dan kontemporer. Untuk itu acara ini sangat bagus sekali untuk perkembangan modest fashion di dunia,” jelasnya Didem Zeynep selaku Fashion Designer Belgia dan Founder The Celebi.

Baca juga  Koleksi Fall 2021 Coach Forever Season Two
Image: Scarf Media

Yuke Sri Rahayu selaku Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf RI mengatakan bahwa pertumbuhan modest fashion Indonesia sangat besar dan bisa menjadikan sebagai potensi untuk bersaing di pasar global. “Kemenparekraf RI beriringan sejalan dengan perkembangan modest fashion turut mendukung kegiatan Halal Creative Forum dan Muslimah Creative Day. Dilihat dari estimasi konsumsi umat muslim secara global sebesar 2,2 Triliun US Dollar dan akan meningkat mencapai 2,4 Triliun US Dollar pada 2024. Hal tersebut diharapkan bahwa Indonesia tidak hanya menjadi konsumen tapi berpotensi pada produsen dalam hal tersebut. Kami dengan Scarf Media berkolaborasi dan bergandengan untuk menjadi Indonesia sebagai kiblat modest fashion dunia,” jelasnya.

Salah satu perwakilan modest fashion yang akan mengisi acara di Muslimah Creative Day adalah Dian Pelangi yang nantinya akan fashion show mmebawakan koleksi yang mengusung keindahan songket Palembang yang kontemporer. “Pada fashion show nanti akan membawakan koleksi harmony of Palembang. Seperti kita ketahui memang Dian Pelangi selalu mengangkat keindahan budaya Indonesia melalui koleksinya. Untuk itu, kami akan membawakan keindahan songket Palembang yang dikembangkan dengan model lebih kontemporer agar bisa dipakai lintas generasi,” jelas Dinda Wahyu Shafania perwakilan Dian Pelangi.

Menjadi perwakilan dari industri kecantikan halal, Wardah mendukung kegiatan ini sejalan dengan potensi Indonesia menjadi kiblat modest fashion dunia. “Wardah sebagai perwakilan dari industri kecantikan halal satu-satunya dalam event Halal Creative Forum dan Muslimah Creative Day 2024 akan membawa produk inovasi halal mulai dari skincare hingga makeup lengkap dengan variasi skin tone,” jelas Rizkia Januari Putri selaku Wardah Decorative Public Relations

Baca juga  Peluncuran Koleksi Giambattista Valli X H&M #ProjectLove Langsung Terjual Habis

Selain itu, konten acara juga berbeda dari tahun lalu dmana akan ada pre-event bertajuk Halal Creative Forum Halal Creative Forum akan menghadirkan berbagai tema mulai dari teknologi diindustri halal creative sampai membahas masa depan industri fashion Indonesia yang diisi speaker dalam dan luar negeri. Akan hadir Didem Zeynep Celebi (Fashion Designer) dari Belgia, Marc Sibler (CMO dari PT Testex ) dari Switzerland, Aaliya Mia (Head of Modest Fashion Dinar Standar Dubai) , Bapak Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), James Jan Markus (Founder Bapak2id), Khanaan Shamlan (Fashion Designer Khanaan Shamlan), Meity Savitri (Fashionpreneur dan Founder Haidee & Orlin), Merryta (Sales and Marketing Director Pulau Intan Lestari) dll. Forum akan dibuat fullday sesi pagi dan siang.

Sedangkan untuk Muslimah Creative Day akan menjadi tempat bertemunya halal creative ecosystemn yang digagas oleh muslimahpreneur selama 3 hari. Mulai dari bazaar lebih dari 100 brand modest fashion dari Indonesia, Singapura, Belgia, interactive digital mapping, fashion show, charity, inspiring talks, awarding Inspiring Muslimah Award, dan kick off pencarian Face Off Muslimah 2025.

Translate »