Mengenal Modest Fashion berdasarkan Kategori

Terdapat empat kategori menurut Islamic Fashion Institute

Modest fashion dapat dikatakan memiliki spektrum yang sangat luas dan akan terdengar sempit jika hanya dipahami sebagai baju muslim saja. Padahal banyak ragam definisi dari modest fashion, seperti pakaian dengan gaya longgar, tertutup, bergaya santun dan nyaman dipakai. Sehingga, busana modest ini dapat dipakai oleh semua kalangan, baik muslim maupun non muslim sekalipun. Modest fashion, nyatanya juga memiliki kategori yang beragam. Kategori tersebut mengacu pada sumber yang dibuat oleh Islamic Fashion Institute. Selengkapnya, Scarflover bisa ikuti penjelasan di bawah ini.

Baca juga  Eksistensi Denim dari Sederet Brand Lokal Modest Fashion

1. Modest Modern

Gaya yang paling banyak diadaptasi oleh masyarakat Indonesia. Pendekatan yang dipakai adalah fashion lifestyle. Memakai pakaian sopan, menutupi bagian atau sebagian aurat.

2. Modest Konvensional

Gaya yang sudah lama dipakai di Indonesia. Pendekatan yag diapaki lebih bersifat fungsional. menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Dilengkapi dengan gaya hijab yang menutupi rambut keseluruhan

Baca juga  Bikin Hangat, Fashion Hijab Ini Cocok Dipakai Saat Musim Hujan

3. Syar’i Modern

Menjadi lifestyle baru di Indonesia sejak 2013 dengan berpijak pada pemahaman agama. Menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, longgar sesuai kaidah. Tetapi masih mengadaptasi tren dan selera pasar.

4. Syar’i Konvensional

Busana yang mengacu kepada kaidah-kaidah busana muslim, dengan penuh kehati-hatian, tidak menarik perhatian, cenderung berwarna gelap, sebagian menggunakan penutup wajah/niqob. Gaya dan desain yang dipilih tidak mengikuti tren yangs sedang berkembang.

Translate »