Alasan Ibu Hamil Dilarang Makan Sajian Mentah

Salmon mentah yang berisiko untuk ibu hamil

Ibu hamil tidak boleh memakan makanan atau sajian mentah meskipun halnya sedikit kurang matang karena dapat memengaruhi kondisi janin dan kesehatan ibu itu sendiri.

Dilansir dari Kompas.com menurut Dr. Hera Nurlita Nutrionis Madya Direktorat GKIA Kementerian Kesehatan, menuturkan bahwa bakteri dalam makanan mentah akan berbahaya bagi ibu hamil. “Jadi, kalau makanannya sudah matang sempurna, bisa dipastikan kuman dan bakterinya sudah hilang semua dari bahan makanan itu,” jelas Hera.

Baca juga  Perlukah Memasukan Anak Ke Sekolah Bayi?

Misalnya, mengonsumsi salmon mentah memberikan risiko paparan merkuri, bakteri, dan parasit yang berbahaya untuk bayi.

Melansir NHS, kandungan omega-3 yang dimiliki oleh salmon bisa meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi kemungkinan untuk terjadinya stroke atau penyakit jantung lainnya. Namun, kandungan nutrisi ikan salmon bisa diserap dengan lebih baik oleh ibu hamil jika memperhatikan beberapa kondisi berikut ini.

Baca juga  Intip Keharmonisan Rumah Tangga Rachel Vennya Sebelum Dikabarkan Berpisah

Bakteri yang ada di ikan salmon dapat lebih rentan untuk ibu hamil yang nantinya bisa berakibat pada keguguran, lahir prematur, lahir mati, hingga infeksi rahim. konsumsi ikan salmon juga bisa mengurangi risiko lahir dengan ADHD.

Translate »