4 Trend Forecasting Fashion 2024 di Indonesia

Trend forecasting adalah sebuah metode untuk memprediksi trend atau memproyeksi trend untuk beberapa waktu kedepan. Di tengah perkembangan trend fashion, Indonesia memiliki kreasi dan inovasi yang cukup stylish. Melansir dari Times Indonesia, Asosiasi dan kerja sama dengan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif resmi merilis trend forecasting periode tahun 2024-2025 dengan tema “Resilient” yang bersumber dari kekayaan budaya yang harus dilestarikan. Perpaduan budaya dan desain kontemporer menjadi keunikan tersendiri untuk fashion Indonesia. Penasaran seperti apta? Yuk simak penjelasan, berikut ini.

Baca juga  3 Cara Mudah Melakukan Color Blocking

1. Modern Batik Revival

Sentuhan batik tradisional dengan desain kontemporer banyak dimunculkan pada tahun 2024. Para desainer menyuntikkan pola dan motif batik ke dalam siluet yang tidak konvensional, seperti jumpsuit, blazer berpotongan rapi, dan gaun mengalir.

2. Sustainable Fashion

Hingga saat ini fashion berkelanjutan menjadi fokus utama di Indonesia. Para desainer semakin banyak menggunakan kain ramah lingkungan, mengolah ulang bahan, dan merangkul metode produksi yang etis.

Baca juga  Mengenal Jenis Serat Kain dari Indonesia

3. Cultural Hybridization

Untuk merayakan warisan Indonesia yang beragam, budaya Indonesia menjadi inspirasi utama para desainer. Tahun 2024 perpaduan harmonis antara tekstil tradisional, pola, dan hiasan dari berbagai daerah di negara ini. Gabungan budaya ini menghasilkan potongan-potongan unik yang merayakan warisan Indonesia yang beragam.

4. Minimalistic Elegance

Trend ini menapmpilkan ciri desain seperti garis bersih, warna netral, dan potongan sederhana namun berkelas. Menjadi pilihan yang paling diminati di 2024 bagi para pecinta fesyen.

Translate »