5 Penyebab Bopeng Bekas Jerawat

Salah satunya sering menyentuh wajah.

Jerawat merupakan masalah yang sering dikeluhkan banyak orang. Apalagi jerawat tersebut meninggalkan bekas luka atau biasa yang disebut bopeng. Hal tersebut bisa menurunkan kepercayaan diri.

Dokter Shindy Putri menjelaskan dalam instagramnya, bopeng bekas jerawat terjadi karena adanya kerusakan jaringan di lapisan dermis atau bisa terjadi jika terdapat peradangan di area acne yang luas dan mendalam sehingga merusak jaringan sekitarnya.

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan bopeng bekas jerawat di wajah. Berikut 5 hal yang disebutkan oleh Dokter Shindy.

  1. Pencet jerawat
Baca juga  Atasi Masalah Kulit Kusam dengan Perawatan Skala Internasional di Hayyu Clinic

Menurut adik dari artis Oki Setiana Dewi ini, memencet jerawat adalah penyebab wajah menjadi bopeng. Memencet jerawat sampai terluka ini bisa merusak jaringan.

  1. Memiliki jerawat yang cukup besar

Jerawat yang besar bisa membuat bopeng. Sehingga, menurut Dokter Shindy,  kalau ada cikal bakal jerawat atau komedo harus segera ditangani.

  1. Sel kulit kekurangan kolagen

Kolagen diketahui dapat membantu mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, hingga mengatasi kulit kering. Tidak hanya itu, kolagen memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka. Kekurangan kolagen dapat menghambat proses penyembuhan luka dan membuat luka sulit sembuh.

  1. Pernah terkena cacar air
Baca juga  Agar Kulit tetap awet muda ini dia tipsnya

Cacar air yang berada di wajah tidak menutup kemungkinan membuat luka bopeng. Pengobatan yang tepat dapat menangani luka dari cacar air.

  1. Sering menyentuh wajah

Anda tidak pernah tahu ada kuman atau bakteri apa yang berada di tangan. Apabila Anda sering menyentuh wajah, itu bisa menjadi iritasi. Terlebih jika wajah sedang radang. Hal ini akan membuat bopeng di wajah.

Translate »