Tips Mengubah Kebiasaan Buruk Anak Menggigit Baju

Seringkali aksi anak menggigit, mengisap atau mengunyah baju membuat jengkel para orang tua. Bisa dikatakan kebiasaan buruk ini memang terbilang susah untuk dihentikan. Namun ada beberapa cara agar anak perlahan berhenti pada kebiasan tersebut. Berikut tipsnya, antara lain:

Image : Freepik
  1. Kenali Pemicunya
    Ketahui pasti penyebab anak Anda sering menggigit baju. Apakah mereka cenderung melakukannya sebelum waktu camilan atau di kala anak mulai lapar? Apakah saat mereka berkonsentrasi pada tugas sekolah atau teka-teki? Apakah sebelum istirahat atau bermain lalu mereka mungkin gugup saat berinteraksi dengan yang lain?

    Jika mereka cenderung mengunyah saat lapar, Anda bisa menyediakan camilan sehat untuk mereka. Jika itu terjadi ketika mereka gugup, Anda dapat membantu mereka mengendalikan rasa stres, seperti pernapasan perut.

  2. Beri Mereka Alternatif
    Sediakan kalung khusus kunyah atau teether yang lembut dan aman untuk dikunyah anak-anak, atau berikanlah anak Anda kuas cat kecil untuk melukis sesuatu.

  3. Konsultasikan dengan Profesional
    Jika sulit untuk dihentikan cobalah konsultasikan dengan dokter anak terkait perkembangan si buah hati. Sehingga Anda tahu seberapa baik tumbuh kembang si kecil saat berinteraksi dengan orang lain, riwayat keterlambatan perkembangan atau bahasa dan tingkat kecemasan.

    Jika anak Anda menelan makanan yang tidak dapat dimakan saat melakukan perilaku mengunyah. Dokter mungkin juga ingin melakukan pemeriksaan nutrisi untuk memastikan tidak ada dampak pada kesehatan mereka.

    Kemudian, dokter anak akan merujuk Anda ke psikolog yang dapat membantu jika kecemasan tampaknya menjadi masalah besar. Adapun terapis okupasi (OT) yang dapat membantu memenuhi kebutuhan proprioseptif anak Anda dengan alat seperti teether atau latihan motorik oral anak. Terakhir, dokter gigi atau ortodontis dapat melakukan evaluasi untuk melihat apakah ada penyebab fisik dari perilaku tersebut, seperti area yang sakit di mulut akibat kebiasaan menggigit baju.

Baca juga  Ciri-ciri Orang Tua Narsistik, Anda Salah Satunya?
Translate »