Yuk, Ikut Aksi Cinta Bumi dengan Padamkan Lampu Selama Satu Jam!

Earth Hour adalah kegiatan untuk mematikan lampu selama satu jam yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature. Melansir laman Kemendikbud, Earth Hour merupakan sebuah gerakan global yang berusaha untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, serta pemerintah di berbagai belahan dunia untuk menunjukkan kepeduliaan dan juga kontribusi terhadap upaya penanggulangan perubahan iklim secara simbolis.  

Bahkan, apabila setiap 10 persen warga Jakarta mematikan lampu selama satu jam, maka akan memenuhi kebutuhan listrik 900 desa. Energi yang dihemat pun dapat menyumbang oksigen untuk 524 orang. Dalam waktu satu jam, dapat mengurangi 267 ton emisi karbon dioksida.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak seluruh warga melakukan aksi pemadaman lampu selama satu jam pada Sabtu (26/3), mulai malam ini pukul 20.30-21.30 WIB dalam upaya mendukung Earth Hour tahun ini. 

Baca juga  Hari Laut Sedunia, Berikut Alasan Mengapa Laut Penting Bagi Kehidupan Manusia

Pelaksanaan pemadaman lampu sesuai Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu dalam Rangka Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto menerangkan dalam Ingub tersebut telah mengamanatkan pelaksanaan pemadaman lampu tiga kali dalam satu tahun. Hal itu dilakukan tepat pada saat Peringatan Aksi Lingkungan pada Maret, Peringatan Hari Bumi, dan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 

Baca juga  5 Negara yang Terkena Banjir di Tahun 2019

“Aksi pemadaman lampu yang pertama akan dilaksanakan besok selama satu jam dari pukul 20.30 sampai 21.30,” terang Asep, Jumat (25/3/2022). 

Lebih lanjut, Asep menerangkan tentang pelaksanaan aksi pemadaman lampu selama satu jam berlaku di sejumlah titik wilayah di Jakarta. Hal itu untuk mengedukasi masyarakat guna menghemat energi dan berkontribusi dalam penurunan emisi. 

“Dengan memadamkan lampu selama satu jam, kita akan menghemat energi sekaligus mengurangi emisi karbon. Mari jadi bagian untuk selamatkan bumi,” imbau Asep. 

“Beberapa gedung milik swasta, gedung komersial, pusat perbelanjaan, restoran, hotel dan apartemen juga akan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pemadaman lampu tersebut,” pungkasnya.

Translate »