Cukup Tricky, Begini Cara Membersihkan Pakaian Berbahan Corduroy

Pakaian berbahan corduroy sejak dulu sudah menarik perhatian, karena bahan ini berbeda dengan bahan yang lainnya. Kain corduroy memiliki tekstur yang lembut dengan pattern  salur yang khas. Biasanya kain ini dipakai untuk kemeja, jaket, rok, maupun celana.

image: unsplash

Memiliki tekstur yang berbeda, menjadikan perawatan pakaian berbahan corduroy memiliki perawatan yang berbeda pula.  Jangan sampai Anda mencuci pakaian berbahan dasar ini dengan asal, karena dapat merusak tekstur bahan tersebut. Untuk itu, ikuti beberapa tips ini dalam merawat pakaian berbahan corduroy.

 

Jangan menggabungkan dengan bahan pakaian lain

Tekstur dari kain corduroy lebih mudah tertempel kotoran. Agar menghindari bahan corduroy tertempel dari serat kain lainnya, ada baiknya Anda memisahkan pakaian berbahan corduroy dengan bahan lainnya. Menggabungkan dengan kain lainnya saat mencuci akan membuat kain corduroy terlihat kusam dan brudul.

Baca juga  Rekomendasi Brand Perhiasan Lokal yang Berkualitas Internasional

Selain itu, jangan merendam bahan corduroy terlalu lama. Anda cukup merendam selama 5-10 menit saja, tergantung seberapa kotor pakaian kamu. Merendam terlalu lama  dapat merapuhkan serat-serat kain corduroy.

 

Mencuci dengan air  dingin

Mencuci bahan corduroy sebaiknya menggunakan air dingin atau air dengan suhu normal.  Mencucinya dengan air hangat akan membuat serat kain mudah rapuh saat pakaian sudah kering. Air hangat juga akan membuat kain tidak fleksibel, dan serat corduroy akan mudah rapuh dan rontok seperti terkena jamur.

Baca juga  Klamby Akan Tampil Pertama Kali di London Fashion Week 2022

 

Cuci secara manual

Saat mencuci bahan corduroy, jangan coba-coba Anda mencucinya dengan mesin cuci.  Sebaiknya Anda mencuci pakaian jenis ini secara manual dengan tangan tanpa membuat pakaian rusak. Mencuci menggunakan tangan juga akan memudahkan Anda dalam menggosok noda yang ada di kain tersebut.  Dan juga Anda tidak akan membuat serat kain rusak apabila  mencucinya secara manual.

 

Gunakan deterjen cair

Ada baiknya Anda mencuci bahan corduroy ini menggunakan deterjen cair khusus yang berfomula lembut. Hindari penggunaan deterjen bubuk, karena butiran-butiran deterjen dapat menempel pada sela-sela serat kain, sehingga dapat membuat kain kusam dan rusak.

(HV)

Translate »