Hati-hati! Bahaya Siklus Haid Tidak Teratur pada Wanita

Beberapa dari wanita pasti pernah mengalami siklus haid yang tidak teratur. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi hal tersebut contohnya yaitu stres. Nah, ternyata siklus haid yang tidak teratur ini memiliki bahaya yang dapat mengincar tubuh kita, loh. Berikut bahaya siklus haid tidak teratur yang harus Anda ketahui, simak dan cermati ya Scarflover!

image: pixabay

Kanker Rahim

Bahaya yang pertama akibat dari siklus haid yang tidak teratur adalah kanker rahim. Siklus yang terjadi bisa terlalu cepat atau lambat, dan terkadang dialami dalam jangka waktu panjang. Kanker ini menyebabkan pendarahan di luar menstruasi atau suatu hal yang bukan darah haid. Maka dari itu, segera konsultasikan ke dokter apabila mengalami tanda di atas ya.

Baca juga  Empat Cara Alami Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

 

Masalah Kesuburan

Siklus haid yang tidak teratur juga akan berdampak pada masalah kesuburan Anda. Saat mengalami siklus haid tidak teratur keadaan hormon pun menjadi tidak seimbang. Karena gangguan hormon inilah yang dapat menyebabkan proses ovulasi (kondisi sel telur yang siap untuk dibuahi) menjadi terganggu. Masalah kesuburan ini juga bisa menjadi tanda kemandulan. Untuk keterangan lebih lanjutnya, ada baiknya segera periksa diri Anda ke dokter agar mendapat penanganan sejak dini.

 

Sindrom Ovarium Polikistik

Tidak jauh berbeda dengan masalah kesuburan, sindrom ovarium polikistik juga bagian dari dampak siklus haid yang tidak teratur. Penyakit ini terdapat pada rahim, dengan gejala sedikitnya jumlah darah saat haid dan tumbuhnya bulu yang lebat, wajah berminyak dan sering berjerawat. Hal tersebut terjadi karena meningkatnya jumlah hormon androgen dalam tubuh. Jangka waktu haid yang terlalu lama bisa sampai lebih dari 60 hari dapat menimbulkan resiko terkena kanker endometrium.

Baca juga  4 Cara Menurunkan Lemak Darah Setelah Lebaran

Itu lah bahaya siklus haid yang tidak teratur pada wanita. Segera periksakan diri Anda bila mengalami gejala yang serupa. Tetap jaga kesehatan dan pola makan yang sehat ya Scarflover!

(IN)

Translate »