Bagaimana Mengatasi Rasa Cemburu Pada Pasangan?

Setiap orang pasti pernah dihantui rasa cemburu yang disebabkan oleh berbagai faktor. Namun perlu diketahui bahwa cemburu itu berbeda dengan iri mengutip dari laman womansday, menurut seorang psikolog bahwa kecemburuan mengandung lebih banyak rasa takut sedangkan Iri hati mengandung sedikit lebih banyak kebencian.

Foto oleh Budgeron Bach dari Pexels

Mengutip dari laman womansday berikut cara untuk mengatasi rasa cemburu orang dewasa:

  1. Ketahui Alasan dari cemburu yang timbul

Sebelum Anda mengalami rasa cemburu terlalu dalam, coba ketahui dari mana penyebab rasa cemburu itu muncul?.  Apakah hal tersebut muncul saat pasangan Anda terlalu sibuk dengan handphonenya, Anak merasa lebih dekat dengan pasangan atau temannya dibanding dengan Anda sebagai orangtuanya atau ada sebab lain yang tidak terlihat? Jika Anda dapat mengetahui dari mana asal rasa cemburu itu muncul, maka Anda juga dapat mengatasi perasaan tesebut. Ketahuilah bahwa perasaan itu selalu layak untuk diatasi, karena membiarkannya memburuk tidaklah sehat. 

  1. Berhenti memikirkan hal yang membuat Anda cemburu

Sederhana saja, biasanya orang merasa cemburu karena terlalu memikirkan hal yang belum pasti itu terjadi atau terlalu memikirkan sesuatu yang sudah terjadi. Mulai sekarang, cobalah berhenti memikirkan sesuatu yang membuat Anda merasa cemburu pada pasangan. Karena itu hanya akan membuat Anda selalu merasa selalu cemas padanya, sehingga merugikan diri dan tidak bisa bahagia. Saat sudah berkomitmen dengan pasangan, ini lah saatnya untuk melihat masa depan bersama bukan lagi masa lalunya. Jika terus dihantui dengan masa lalu pasangan, tentu Anda juga memiliki masa lalu yang berbeda sebelum disatukan untuk bersama. 

  1. Ungkapkan dengan pasangan
Baca juga  Ragam Koleksi Mug Enamel Cantik

Jika Anda termasuk orang yang tidak dapat menyimpan semuanya sendiri, cobalah terbuka dengan pasangan. Ungkapkan apa yang membuat Anda merasa tidak nyaman dengan perasaan dan cari solusinya bersama. Hargai pasangan yang sudah mengungkapkan secara jujur pada diri Anda meski terdengar menyakitkan.

  1. Lakukan kegiatan positif
Photo by Gabby K from Pexels

Salah satu cara rasa cemburu itu datang karena Anda tidak memiliki kesibukkan. Cobalah untuk mengisi hari-hari Anda dengan kegiatan yang positif. Karena diketahui, pikiran cemas itu bisa muncul disaat Anda tidak memiliki kegiatan. Dengan menyibukkan diri, Anda jadi tidak punya waktu untuk berfikiran hal yang aneh-aneh tentang pasangan. Kegiatan positif yang mungkin bisa Anda coba ialah, dengan berolahraga,  berkebun, membaca buku, hang out bersama teman atau hal lain yang bisa membuat Anda senang dan nyaman.

  1. Mencari teman diskusi yang bukan lawan jenis 
Baca juga  Berwisata Ke Thailand Jangan Lupa Cicipi Street Food Halal Ini

Untuk mengatasi rasa cemburu yang terus menerus menghantui diri Anda  setelah mencoba berbagai cara diatas, terkadang membutuhkan saran dan nasihat dari teman yang bisa diajak diskusi. Pastikan teman diskusi ini bukan lawan jenis Anda agar tidak mengundang masalah yang baru. Anda bisa berdiskusi dengan saudara kandung, orang yang masih memiliki ikatan saudara atau konsultasi dengan seseorang yang benar ahli dalam bidangnya.

  1. Kembali menjadi sosok yang mandiri dan kurangi bergantung pada orang lain
Foto oleh Liza Summer dari Pexels

Faktor lain yang membuat Anda cemburu dengan pasangan ialah karena terlalu bergantung padanya. Akibatnya, timbulah rasa khawatir, cemas dan takut apabila pasangan lebih memilih orang lain dan meninggalkan Anda sendiri. Coba kurangi ketergantungan dengan pasangan dengan melakukannya sendiri. Dengan begini, Anda akan tetap bahagia meski sendiri. Ketahuilah bahwa Anda itu layak untuk dicintai.

Ketahuilah bahwa kecemburuan jarang membuat hubungan menjadi lebih aman. Untuk itu, mencoba untuk praktikkan perilaku 6 cara sederhana untuk menghilangkan rasa cemburu diatas diketahui merupakan alternatif yang jauh lebih baik. Ingat, bahwa Anda berhak untuk bahagia dan mampu menciptakan kebahagiaan itu sendiri. Semangat!

(TS)

Translate »