Resep Mentega Pistachio yang Mudah, Bisa Buat Sendiri

Homemade mentega pistachio adalah selai kacang beraroma yang dapat menjadi topping yang bagus untuk oatmeal atau pengganti kacang pinus dalam saus pesto.

Pistachio butter merupakan olesan yang dibuat dengan menggiling pistachio panggang ringan menjadi pasta. Selai kacang beraroma ini merupakan sumber serat, protein, vitamin B6, kalium, dan asam amino esensial.

Dengan rasa yang kaya dan pedas, mentega pistachio bisa menjadi topping dessert, olesan roti panggang, atau isian crepes gurih. Mentega kacang pistachio memiliki rasa seperti kacang dan sedikit manis. Merebus pistachio dan menghilangkan kulitnya yang berwarna cokelat keunguan sebelum diblender dapat meningkatkan rasa selai kacang.

Selain itu, pistachio mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan kacang lainnya, Anda dapat menambahkan sesendok minyak kelapa ke mentega pistachio buatan sendiri untuk mendapatkan tekstur yang lembut.

4 Cara Menyajikan Pistachio Butter

Pistachio butter adalah bahan serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk aplikasi manis dan gurih.

  1. Sebagai isian: Anda dapat menggunakan mentega pistachio manis sebagai isian danishes, crepes, dan macarons.
  2. Dalam pesto: Gantikan mentega pistachio tanpa pemanis dengan kacang pinus bubuk untuk membuat saus pesto pistachio yang kaya.
  3. Sebagai taburan: Tambahkan sedikit mentega kacang pistachio buatan sendiri ke dalam oatmeal, roti panggang, yogurt, atau es krim vanila.
  4. Dalam saus salad: Tambahkan sesendok mentega pistachio ke dalam campuran jus lemon, cuka anggur merah, peterseli, minyak zaitun, mustard Dijon, dan madu untuk membuat vinaigrette pistachio beraroma.
Baca juga  Rekomendasi Tanaman yang Tahan Saat Musim Hujan

Resep Mentega Pistachio Buatan Sendiri

Porsi : 1

Waktu Persiapan : 10 menit

Total Waktu : 20 menit

Waktu Masak : 10 menit

Bahan

  • 1 cangkir pistachio mentah yang sudah dikupas
  • ½ sendok makan minyak pistachio, minyak zaitun, atau minyak kelapa
  • ½ sendok teh garam laut, ditambah lagi sesuai selera
  • 1 sendok teh madu atau gula pasir (opsional)

Cara Membuat

  1. Untuk warna hijau cerah dan rasa pistachio murni, rebus dan kupas pistachio. Tuang pistachio ke dalam panci dan tutupi dengan air dingin setinggi 3 inci. Rendam pistachio dalam air selama 5 menit, lalu panaskan air dan campuran pistachio dengan api sedang hingga mengukus (tidak mendidih), kurang lebih 10 menit.
  2. Angkat satu pistachio dari air menggunakan sendok berlubang. Jika kulit pistachio mudah terkelupas, tiriskan pistachio dan bilas dengan air dingin yang mengalir. (Jika tidak, panaskan kembali dan periksa lagi dalam 2 menit. Jangan biarkan pistachio menjadi lunak.)
  3. Pindahkan pistachio yang sudah dibilas ke handuk dapur bersih. Lipat handuk dan gosok pistachio untuk mengendurkan kulitnya. Buang kulit pistachio.
  4. Pindahkan pistachio yang sudah dikuliti ke dalam mangkuk pengolah makanan atau blender berkecepatan tinggi. Rebus kacang pistachio yang sudah dikuliti sampai cincang halus, sekitar 30 detik. Untuk mentega pistachio chunky, angkat satu sendok makan kacang cincang dan sisihkan.
  5. Tambahkan minyak dan proses sampai kacang membentuk pasta yang halus dan kental, sekitar tiga menit, jeda setiap menit atau lebih untuk mengikis sisi mangkuk.
  6. Tambahkan garam dan madu (jika menggunakan) dan lanjutkan proses hingga tercampur rata, sekitar 1 menit lagi.
  7. Untuk mentega pistachio chunky, tambahkan kembali kacang cincang dan aduk beberapa kali untuk memasukkannya.
  8. Simpan dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 1 bulan. Jika terjadi pemisahan minyak, cukup aduk sampai rata.
Baca juga  5 Ide Hampers Lebaran Kekinian Ini Anti Mainstream, Patut Coba!

 

Itulah resep homemade mudah untuk membuat Mentega Pistachio. Selamat mencoba, Scarf Lover. (AR)

Translate »