Punya Potensi, Kemenparekraf Dorong Perkembangan Sektor Pariwisata Sulawesi Barat

Dilihat memiliki banyak potensi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendorong adanya pengembangan sektor pariwisata di daerah Sulawesi Barat.

Adapun beberapa area yang menjadi potensi pariwisata di Sulawesi Barat diantaranya yakni wisata alam di Pulau Balabalakang dan juga Pulau Karampuang. Kemudian ada pula wisata mangrove di Mamuju serta Tari Sayyang Patuu’adu. Tidak lupa juga dengan kulinernya yang juara, di Kabupaten Mamasa, dan lain sebagainya.

Sandiaga Uno menuturkan bahwa Indonesia memiliki lebih dari 30 juta pekerja di bidang parekraf. Dengan angka tersebut maka bisa dikatakan bahwa masyarakat memang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan juga ekonomi kreatif.

Kemudian bila membahas dari sisi atraksi wisata, Sulawesi Barat juga memiliki beragam event, yakni Festival Sandeq Race, Festival Kota Tua Majene, Festival Gandang Dewata di Mamasa, Festival Bumi Lalla Tasisara di Mamuju Tengah, Festival Banua Kayyang di Polman, dan sebagainya. Nantinya, semua festival yang ada akan melalui proses akurasi untuk segera dapat dijadikan Calender of Event atau Kharisma Event Nusantara.

Baca juga  5 Rekomendasi Hotel Kapsul di Jakarta
image: kemenparekraf.go.id

Kharisma Event Nusantara ini merupakan sebuah program dari Kemenparekrag yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk mendorong festival atau event daerah yang bisa diangkat ke taraf internasional.

Namun mengingat pandemi Covid-19 masih belum berakhir, maka dari itu gelaran event yang dilakukan saat pandemi harus dimaksimalkan dengan penerapan protokol kesehatan dan juga CHSE.

Baca juga  6 Tips Untuk Melindungi Mata dari Radiasi Layar Gadget

“Di Sulawesi Barat terdapat 152 hotel dan 276 restoran, nanti akan kita check kepatuhannya terhadap protokol kesehatan CHSE. Karena saat ini, bukan lagi going or not going, bukan doing or not doing, tapi how to do it dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” tutur Sandiaga.

Melalui kesempatan ini, Meneparekraf berharap agar bisa mengembangkan sektor pariwisata Sulawesi Barat dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Gubernur Sulawesi Barat pun ikut menuturkan bahwa wilayah tersebut sangat memiliki kekayaan alam serta keanekaragaman yang luar biasa. Banyaknya peninggalan sejarah bisa menjadi daya tarik. Maka dari itu dirinya juga sangat memerlukan dukungan pemerintah agar kedepannya bisa dilaksanakan dengan baik.

(AA)

Translate »