Hal yang Perlu Anda Selamatkan Sebelum Banjir Melanda

Banjir pada awal tahun 2021 ini cukup meredamkan berbagai wilayah. Akibatnya, banyak warga yang mengalami kerugian yang cukup besar.  Selain berbagai kendaraan yang ikut mengalami kerusakan akibat terendam banjir, prabotan rumah tangga juga ikut hanyut terbawa arus air yang mengenang.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan ketika banjir akan mendatangi wilayah Anda:

1. Mempersiapkan Tas untuk Mengungsi

Sebelum banjir datang dan membasahi seluruh isi rumah Anda. Ada baiknya mempersiapkan satu atau dua tas untuk dibawa ke tempat pengungsian. Dengan isian seperti pakaian, mukena, makanan, alat mandi, obat-obatan atau resep dokter, charger elektronik hingga senter. Minimal itu yang dapat Anda persiapkan dalam satu tas untuk mengungsi ke tempat yang aman dari banjir.

Baca juga  Benci Media Sosial Tapi Tak Ingin Berhenti? Coba Lakukan Ini

2. Merencanakan tempat mengungsi

Sebelum banjir datang, sebaiknya Anda dan keluarga berdiskusi dalam memilih tempat untuk mengungsi. Tujuannya agar terselamatkan dari genangan air yang belum diketahui akan setinggi apa. Jangan berdiam diri di rumah ketika wilayah Anda rawan banjir. Apalagi jika menyelamatkan diri ke rumah yang atapnya tertutup rapat. Bisa-bisa terjebak dengan genangan air yang terus tinggi.Tidak hanya merencanakan tempat mengungsi untuk Anda. Penting juga untuk mengungsian kendaraan entah roda dua atau roda empat. Untuk meminimalisir jumlah kerugian yang Anda alami. 

image: unsplash

3. Menyelamatkan hewat peliharaan

Tidak hanya mempersiapkan tas dan tempat untuk mengungsi. Anda juga perlu memikirkan hewan peliharaan. Jangan sampai, saat sedang panik-paniknya, hewan Anda lupa untuk diselamtkan. Anda dapat menitipkan hewan peliharaan ke kerabat yang tidak terdampak banjir atau toko hewan terdekat. Jika Anda ingin mengungsi ke sebuah hotel, carilah hotel yang memiliki izin membawa hewan untuk tinggal sementara.

Baca juga  Viral! Ini Tempat Self Photo Studio Yang Wajib Dikunjungi!

4. Melindungi Barang-Barang Pribadi

Setelah  Anda memprediksi akan turun hujan, Sebaiknya segera menyelamatkan barang-barang pribadi. Dengan memindahkan ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terkena air. Sehingga berisiko kerusakan. Tidak hanya barang-barang elektronik yang bersifsat mahal, Anda juga harus berhati-hati dengan segala surat-surat penting. Jangan sampai basah atau hanyut terbawa air.

 (TS)

Translate »