Apa Bedanya Diabetes Tipe 1 dan 2?

Tentu Scarf Lover telah mengetahui tentang penyakit diabetes. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, Maka dari itu sangat penting untuk selalu menjaga pola hidup mulai dari sekarang.

Diabetes dikenal memiliki tipe 1 dan 2. Tahukah Anda perbedaannya?

Melansir laman diabetes.org.uk, diabetes 1 dan 2 sama-sama disebabkan oleh kadar glukosa atau gula darah yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.

Jika Anda menderita diabetes tipe 1, artinya Anda tengah mengalami kondisi autoimun, dimana tubuh Anda telah menyerang serta menghancurkan sel pembuat hormon yang disebut insulin. Insulin sangat diperlukan oleh tubuh karena dapat membantu mengambil glukosa dari darah ke dalam sel tubuh yang kemudian menggunakan glukosa untuk energi. Tanpa insulin, kadar glukosa dalam darah menjadi terlalu tinggi.

Baca juga  Tipe-tipe Stres, Anda Termasuk yang Mana?
image: unsplash

Sedangkan untuk diabetes tipe 2, tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup atau bahkan insulin yang ada tidak berfungsi dengan baik atau yang lebih dikenal dengan istilah resistensi insulin. Sama seperti tipe 1, akhirnya kadar glukosa dalam darah terlalu tinggi.

Diabetes tipe 1 tidak dipengaruhi oleh gaya hidup atau berat badan. Orang yang berusia hingga 40 tahun lebih mungkin didiagnosis, terutama anak-anak. Faktanya, sebagian besar anak dengan diabetes memiliki tipe 1. Namun, meskipun lebih jarang, orang di atas 40 tahun juga dapat didiagnosis dengan diabetes.

Untuk diabetes tipe 2, ada beberapa hal yang menjadi faktor risiko, diantaranya adalah keturunan, usia, kelebihan berat badan, usia. Mengubah pola hidup lebih sehat bisa membantu Anda untuk mencegah diabetes tipe 2.

Baca juga  4 Produk Skincare Berbahan Bakuchiol yang Layak Dicoba!
image: pexels

Bagi penderita diabetes tipe 1, artinya sangat penting untuk rutin mengonsumsi insulin serta mengontrol gula darah dan menguji kadar glukosa. Setiap akan mengonsumsi sesuatu harus dihitung berapa banyak karbohidrat yang ada. Untuk tipe 2 juga sama, perlu memperhatikan apa saja yang akan dikonsumsi untuk tetap bisa mengatur berat badan dan diabetesnya. Beberapa diantaranya yang mengidap diabetes tipe 2 juga harus minum obat bila diperlukan, tergantung perawatan dari dokter.

Meski Scarf Lover tidak bisa memprediksi waktu yang akan datang, lebih baik untuk mulai melakukan pola hidup sehat dari sekarang, untuk investasi jangka panjang. Lagi pula, hidup sehat juga akan membuat Anda justru lebih semangat menjalani hari bukan? (AA)

Translate »