Benci Media Sosial Tapi Tak Ingin Berhenti? Coba Lakukan Ini

Zaman sekarang tentu sebagian besar orang adalah pengguna media sosial. Dengan media sosial, membuat Anda bisa terhubung secara cepat dan mudah dengan orang lain.

Namun sayangnya, penggunaan media sosial yang tidak bijak dapat mempengaruhi masalah kesehatan mental. Untuk itu banyak yang menyarankan agar lebih baik mengurangi penggunaan media sosial.

Akan tetapi, tidak semudah itu untuk keluar dari media sosial, mengingat ada hal lain yang mempengaruhinya. Mengutip laman Self, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika Anda benci sosial media namun tidak bisa meninggalkannya.

image: pexels

1. Persempit aplikasi media sosial yang digunakan

Pasti Anda mempunyai beberapa aplikasi media sosial di ponsel bukan? Persempit penggunaan tersebut untuk mengurangi durasi penggunaan. Anda tidak meninggalkannya, namun hanya mengurangi. Pertimbangkan untuk mengambil langkah kecil dengan mengurangi aplikasi yang tidak benar-benar dinikmati.

Baca juga  Hindari Kebiasaan Buruk Ini Saat Anda Mandi 

2. Selalu memberikan komentar baik

Bila Anda merasa media sosial itu buruk, sebaliknya, Anda harus bisa membuatnya lebih baik. Caranya dengan berkomentar hal-hal baik pada saat membalas komentar atau mengomentari postingan orang lain. Perlu diingat bahwa melakukan hal-hal baik untuk orang lain adalah cara yang kuat untuk meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan Anda sendiri

3. Buat second account

Ini merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa toksik dari sosial media, salah satunya dengan membuat second account. Pergunaan akun tersebut untuk mengikuti hal-hal yang lucu dan menyenangkan. Sehingga pengalaman menggunakan media sosial Anda menjadi lebih baik.

Baca juga  Apa Penyebab Penyakit Moluskum Kontagiosum

4. Unfollow akun-akun yang tidak bermanfaat

Jangan ikuti hal-hal yang merugikan. Maka dari itu, sebaiknya berhenti untuk mengikuti akun-akun yang tidak bermanfaat, misalnya seperti akun gosip, publik figur yang selalu buat kontroversi, sampai influencer yang sering membuat Anda menjadi sering insecure. Karena mengikuti akun-akun tersebut hanya akan menambah beban dan pikiran, yang tidak baik untuk kesehatan mental.

5. Mute notifikasi

Jika sebelumnya disarankan untuk berhenti mengikuti akun-akun yang kurang bermanfaat, rasanya tidak mungkin untuk melakukan hal yang sama pada orang yang Anda kenal, Jika memang dirasa ada teman, atau kerabat yang postingannya membuat Anda terganggu, lebih baik untuk mute segala notifikasi yang masuk, sehingga Anda tidak akan lagi melihat postingan yang dibagikan.

(AA)

Translate »