Sewa Mobil Saat Liburan? Harus Tahu Ini Dulu!

Saat pergi berlibur, kerap kali kita berkeinginan untuk menyewa mobil karena dirasa akan lebih efisien untuk berpindah ke satu temapt ke tempat lainnya. Terutama saat Anda berlibur dengan keluarga.

Dengan menyewa mobil, Anda juga lebih leluasa untuk membawa barang apapun. Tak perlu khawatir kerepotan seperti halnya memesan kendaraan online atau bahkan angkutan umum.

Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan bila ingin menyewa mobil. Seperti yang dilansir di laman travelwheretonext.com, berikut ada beberapa tips menyewa mobil saat liburan.

1. Jangan Sewa Mobil di Bandara

image: pexels

Bagi Anda yang merencakan liburan, perlu diketahui bahwa semua hal yang tersedia di Bandara akan menjadi jauh lebih mahal dibanding harga sebenarnya, terutama harga sewa mobil. Daripada memesan mobil saat baru turun dari pesawat, lebih baik naik taksi sebentar untuk ke tempat sewa mobil. Tentu harganya akan jauh lebih bersahabat.

2. Selalu Periksa Mobil yang Akan Disewa

image: pixabay

Saat sudah memilih mobil yang akan disewa, jangan lupa untuk memeriksa mobil terlebih dahulu. Perhatikan pula apakah ada bagian-bagian yang penyok, tergores atau sebagainya. Jangan lupa beritahu ke perusahaan rental tersebut dan pastikan Anda mendokumentasikannya. Hal tersebut dikhawatirkan jika kita harus ganti rugi terhadap kerusakan yang bukan kita lakukan. Selain itu, cek juga kendaraan Anda apakah memang layak jalan atau tidak, karena menghindari kecelakaan di jalan.

Baca juga  Musim Hujan, Yuk Buat Wedang Ronde Isi Kacang yang Hangatnya Sampai ke Hati!

3. Siapkan Kartu Kredit

image: pixabay

Biasanya perusahaan sewa mobil akan lebih memilih agar Anda menggunakan kartu kredit untuk transaksi. Penggunaan kartu kredit tentunya menjadi lebih hemat waktu. Karena perusahaan biasanya juga ingin mengetahui apakah Anda memang membayar harga sewa, asuransi atau tambahan harga lainnya.

4. Pilih Asuransi Sendiri

image: pixabay

Bila ditawarkan untuk menggunakan asuransi dari perusaan sewa mobil, lebih baik tolak dan gunakan asuransi sendiri karena harga yang ditawarkan jauh lebih mahal. Maka dari itu, sebelum berlibur jangan lupa untuk mengecek asuransi Anda, karena biasanya mereka menyediakan paket yang sekaligus mencakup asuransi. Beberapa kartu kredit juga biasanya menyediakan hal tersebut lho, Scarf Lover.

5. Sewa Mobil Secara Online Bisa Jauh Lebih Murah

image: pexels

Sudah bukan rahasia umum sekarang apapun akan jauh lebih mudah dan murah bila dilakukan secara online, termasuk saat menyewa mobil. Jangan malas untuk hunting perusahaan sewa mobil untuk memastikan harga yang paling pas dengan budget Anda. Harap teliti saat memeriksa karena mengingat hunting dilakukan secara online artinya kita tak bisa mengecek langsung ke perusahaan tersebut.

Baca juga  Manfaat Mujarab Teh Camomile

6. Isi Bensin Sebelum Mobil Dikembalikan

image: pixabay

Setelah selesai digunakan, jangan lupa untuk mengisi bensin mobilnya ya, Scarf Lover. Karena perusahaan sewa mobil bisa mematok harga yang sangat tinggi untuk harga bensin, bisa tiga hingga empat kali lipat. Jadi pastikan dulu ya, Scarf Lover.

7. Jangan Gunakan Mobil Sewaan untuk Off-Roading

image: unsplash

Terakhir adalah pastikan mobil sewaan Anda tak digunakan untuk off-roading. Karena mengingat jalanan yang dilewati pasti tak selamanya mulus, beda ceritanya saat Anda hanya menyewa mobil untuk berkeliling kota mencari tempat wisata. Karena sangat dikhawatirkan jika mobil menjadi rusak saat digunakan untuk off-roading, yang akhirnya membuat Anda harus menyiapkan ganti rugi dengan jumlah yang tidak kecil.

Jangan lupa dicatat ya, Scarf Lover. Pikirkan secara matang saat anak menyewa mobil. Tak ingin kan budget liburan jadi kempes hanya karena sewa mboil? (AA)

Translate »