Punya Selulit? Ini 3 Penyebab Utamanya!

Selulit pada dasarnya adalah jaringan lemak di bawah kulit Anda. Masalahnya, itu sebenarnya tampak seperti kerutan pada lemak tubuh Anda. Namun, penting untuk diketahui bahwa memiliki selulit tidak ada hubungannya dengan ukuran, bentuk tubuh atau tipe tubuh, bahkan orang yang sangat bugar pun dapat memilikinya. Wanita dengan berbagai ukuran dan tipe tubuh memiliki selulit.

Lalu apa penyebab selulit? Saat sel lemak menumpuk, lemak mendorong kulit menciptakan lesung pipit dan permukaan tidak rata yang Anda lihat. Jika Anda memiliki selulit dan belum tahu penyebabnya, dibawah ini terdapat pemahaman dan penyebab yang paling umum dari selulit.

Baca juga  Hindari Makanan Ini Jika Tidak Ingin Terlihat Cepat Tua
image: freepik

1. Penurunan Berat Badan yang Tiba-Tiba

Penyebab pertama munculnya selulit pada tubuh yaitu akibat penurunan berat badan. Beberapa kebiasaan penurunan berat badan seperti diet kimia sering menyebabkan penurunan berat badan yang parah dalam waktu yang sangat singkat. Diet kimia membuat pembentukan lemak yang tidak terbakar dan menumpuk bersama yang menciptakan lapisan selulit.

2. Diet Tidak Sehat

Seperti yang kita tahu bahwa makanan berlemak jika dikonsumsi bersama dengan karbohidrat memiliki kemampuan untuk membuat selulit. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan tersebut dapat dipastikan akan meningkatkan peluang pembentukan selulit pada tubuh Anda. Makanan cepat saji, gorengan dan makanan asin sering menyebabkan minimnya aktivitas fisik dan metabolisme yang rendah. Makanan-makanan tersebut secara langsung berhubungan dengan pembentukan selulit.

Baca juga  Manfaat Melakukan Jurnal Harian Setiap Pagi

3. Gen dan Hormon

Alasan terakhir di balik timbulnya selulit adalah gen. Jika keluarga Anda memiliki selulit, kemungkinan besar selulit yang Anda miliki didapat dari turunan keluarga Anda. Hormon juga menjadi penyebab timbulnya selulit pada kulit Anda. Hormon seperti estrogen mendorong pembentukan selulit pada bagian tubuh tertentu.

Poin-poin diatas merupakan penyebab utama terjadinya selulit. Makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak, gen dan hormon, serta penurunan berat badan yang tiba-tiba menjadi penyebab selulit. (HV)

Translate »