Sering Nonton Film ‘Marathon’? Hati-hati, Ini Risikonya!

Saat menjelang weekend atau malam hari saat semua pekerjaan sudah dirampungkan, sebagian orang memilih untuk menghabiskan waktu untuk menonton film. Apalagi mengingat masih banyak orang yang stay at home tentu sering memilih untuk menghilangkan rasa jenuhnya dengan menonton.

Kegiatan ini akan menjadi semakin candu terutama saat Anda memutuskan untuk menonton sebuah series, dimana ceritanya memiliki beberapa episode yang satu dan lainnya saling berhubungan, misalnya adalah drama korea.

Tak jarang, saat menonton film atau series, kita tiba-tiba mengalami kecanduan untuk terus lanjut menontonnya. Terutama untuk yang jenisnya series, Anda merasa penasaran denga napa yang terjadi pada si pemeran utama di episode selanjutnya. Mungkin mata sudah lelah namun otak masih dibuat penasaran, akhirnya lanjut nonton sampai pagi.

image: unsplash

Jika mengalami hal tersebut, artinya Anda mengalami binge watching, dimana ini adalah kondisi yang memaksa Anda untuk terus menerus menonton serial tersebut sampai habis.

Menghabiskan banyak waktu hanya untuk menonton film tentu akan sangat berbahaya untuk kesehatan Anda. Melansir nm.org, ada tiga hal yang harus Anda ketahui.

Baca juga  Bahaya yang Mengintai Jika Kurang Jam Tidur

1. Binge watching membuat Anda kecanduan

Saat Anda sudah mulai menyukair sebuah serial di episode pertama, Anda mulai tertarik untuk melanjutkan ke episode ke-2. Terutama saat ternyata si pemeran utama melakukan akting dengan baik dan semakin membuat Anda penasaran. Hal ini yang bisa dianggap sebagai sebuah kecanduan. Hal ini dapat menyebabkan Anda semakin sulit untuk mengatur waktu terutama saat ingin mengendalikan waktu menonton.

2. Membuat Anda Semakin “Terisolasi”

Sebelumnya Anda mungkin suka menghabiskan waktu bersama dengan keluarga sambal menonton tv di ruang tamu. Namun saat mengalami binge watching, Anda jadi lebih sering berada di dalam kamar untuk menonton. Apalagi saat ini sudah banyak sekali platform penyedia streaming film yang semakin mempermudah Anda.

3. Mengganggu Jam Tidur

Binge watching tentunya akan sangat mempengaruhi jam tidur. Saat orang-orang sudah terlelap di malam hari, namun Anda masih stay di depan laptop sambal menyelesaikan episode yang masih belum selesai. Alhasil pola tidur menjadi berantakan.

Baca juga  Catat! Ini Bahayanya Jika Anda Terlalu Lama di Depan Layar Laptop!

Di bawah ini ada beberapa dampak buruk binge watching bagi kesehatan Anda.

image: unsplash

1. Mengalami Depresi

Sebuah studi menjelaskan bahwa terlalu lama menonton akan menyebabkan kecemasan sampai depresi. Hal ini bisa jadi disebabkan karena terlalu mengisolasi diri.

2. Masalah Punggung

Saat menonton, Anda cenderung tidak peduli dengan posisi tulang yang menyanggah tubuh Anda. Lama kelamaan akan menyebabkan tulang belakang menjadi melemah.

3. Kekurangan Oksigen

Duduk dalam waktu yang lama dapat mengecilkan kapasitas paru-paru sepertiganya. Hal ini patut diwaspadai karena sangat berisiko untuk Kesehatan.

4. Kurangnya Aktivitas Fisik

Tentunya hal ini akan sangat berdampak, misalnya adalah meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga stoke.

Wah, banyak sekali bukan risiko dari binge watching? Sebisa mungkin Anda harus membatasi diri dengan sebaik-baiknya. Saat sedang bosan dan ingin menonton. Maksimalkan untuk menonton maksimal 3 episode. Jika punya banyak waktu luang, pastikan tidak menontonnya sepanjang waktu, lakukan aktivitas lain yang bertujuan untuk membatasinya. (AA)

Translate »