Apa Itu Maskne dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Menggunakan masker adalah cara terbaik untuk menghindari pengebaran virus Covid-19 disekitar kita. Namun sulit untuk dihindari dampak dari penggunaan masker memiliki beberapa efek samping salah satunya ialah jerawat.

Menurut American Academi of Dermatology keluhan mengenai jerawat, komedo, ruam dan masalah kulit lainnya saat ini sebagian besar disebabkan oleh penggunaan masker.

Gesekan antara masker dan kulit Anda dapat menyebabkan sesuatu yang disebut mekanisme jerawat. Gesekan itu menyebabkan peradangan dan iritasi yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan pori-pori yang tersumbat itu dapat menyebabkan jerawat.

Gesekan ini tidak hanya menyebabkan pori-pori tersumbat, tetapi juga dapat merusak pelindung kulit, lapisan mikroskopis dari minyak dan lemak pelindung yang melindungi kulit dari bakteri serta menjaga hidrasi di dalam kulit. Hal ini dapat menyebabkan masalah tertentu pada orang-orang dengan kulit kering atau sensitif dan membuat masalah lebih sulit diobati.

Kerap disebut Maskne, masalah kulit ini biasanya muncul di area wajah pada pipi, dahu, hingga rahang. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mencegah dan mengatasinya? Simak selengkapnya berikut ini.

Baca juga  4 Tips Makeup Dari Sariayu Color Trend 2018 Inspirasi Jakarta

1. Gunakan Bahan yang Tepat

image: pixabay

Gunaakanlah masker dengan bahan kain ringan yang tidak menimbulkan banyak gesekan pada kulit Anda, seperti katun, sutra, atau satin. Cuci masker Anda sebelum Anda memakainya untuk pertama kali dan sering-seringlah mencucinya untuk mengurangi jumlah kotoran dan bakteri yang dapat menempel di kain.

2. Rutin Mencuci Wajah

image: freepik

Jika Anda rentan berjerawat, Anda perlu mencuci muka dua kali sehari. Menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat untuk menjegah jerawat atau antibakteri benzoyl peroxide akan membantu menjaga pori-pori tetap bersih meskipun Anda sering memakai masker. Cucilah wajah Anda dua kali sehari, jika lebih dari itu Anda hanya akan mendapatkan masalah kulit baru.

3. Gunakan Pelembab

image: pixabay

Gunakanlah pelembab untuk melindungi kulit Anda sebagai penghalang antara masker dan kulit wajah. Pelembab yang bagus dan kaya yang memiliki bahan-bahan seperti asam hialuronat dan ceramide yang sangat penting untuk melindungi kulit. Pastikan juga pelembap Anda nonkomedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Baca juga  Kulit Sehat Alami Dengan Konsumsi Kolagen Pada Produk Ini!

4. Kurangi Penggunaan Makeup

Foto: freepics.com

Riasan berlebih pada wajah hanya akan membuat pori-pori tersumbat. Meskipun masker dapat menutupi wajah dari debu dan kotor dari luar, namun penggunaan masker dapat menyebabkan keringat. Jika Anda menggunakan riasan berlebih wajah akan semakin mudah berjerawat yang disebabkan keringat tersebut.

5. Go Gentle

image: pexels

Jangan gunakan apa pun yang akan merusak kulit atau merusak pelindung kulit. Anda tetap membutuhkan eksfoliasi secara teratur, tetapi alih-alih menggunakan scrub yang kasar, ganti dengan toner asam glikolat yang lembut. Asam glikolat akan membuka pori-pori, tetapi juga merupakan humektan, sehingga menarik air ke dalam kulit. Beralihlah ke skincare dengan tujuan utama menenangkan dan melembabkan.

(DA)

Translate »