Makan di Restoran Saat New Normal, Ini Tips Aman yang Harus Diperhatikan

Di masa new normal seperti sekarang ini, banyak restoran yang sudah mulai beroperasi kembali setelah sekian lama tutup akibat virus corona. Tidak sedikit pula masyarakat yang memberanikan diri untuk makan diluar rumah, untuk sekedar refreshing setelah sekian lama berada di rumah.

Banyak tempat makan yang sudah mematuhi protokol kesehatan agar bisa beroperasi kembali. Namun, kita juga harus tetap waspada terhadap penularan virus yang tidak kasat mata.

image: pexels

Oleh karena itu, pengunjung juga perlu memerhatikan beberapa hal penting. Misalnya, mengenai berapa lama waktu yang dihabiskan untuk berada di restoran, seberapa dekat jarak dengan orang lain saat makan bersama, hingga ramai atau tidaknya restoran yang dikunjungi. Situasi dalam ruangan dan luar ruangan juga turut memengaruhi risiko penularan Covid-19.

Berikut adalah beberapa tips aman makan di luar rumah yang wajib Anda lakukan saat berkunjung ke restoran.

Baca juga  Alasan Kenapa Anda Sebaiknya Tidak Melakukan Operasi Plastik
image: pexels

1. Tetap Gunakan Masker dan Selalu Mencuci Tangan

Dua langkah ini harus benar-benar kita patuhi saat berada di keramaian. Penggunaan masker dapat menjaga Anda dari penyakit dan mencuci tangan dengan rutin terutama di tempat keramaian, dapat meminimalisir penularan virus. Anda harus tetap waspada pada tempat-tempat yang sering dikunjungi di tempat makan seperti toilet dan kasir.

2. Perhatikan Pengaturan Meja Restoran

Pilih tempat makan yang mengatur jarak antar pengunjung sesuai protokol kesehatan. Idealnya meja berjarak dua meter dari meja lain. Selain itu, Anda sebaiknya tidak berada di dalam ruangan dengan kipas angin. Keberadaan kipas ini dianggap bisa membuat droplet dan virus menyebar dengan lebih cepat.

Baca juga  Kenali Jenis Air Mata Anda dan Manfaatnya!

3. Penggunakan Pembatas Pada Meja

Salah satu cara yang dapat ditempuh pengelola restoran adalah dengan memasang pelindung pada meja. Hal ini dapat membatasi Anda dengan pengunjung lain saat makan diluar rumah.

4. Makan Diluar Ruangan

Ada cukup banyak restoran yang menyediakan area luar ruangan untuk bersantap. Bila cuaca memungkinkan, pilih area luar ruangan untuk bersantap. Alasannya, ruang terbuka dapat menurunkan risiko penularan dari droplet yang menyebar air borne.

5. Tentukan Menu Makanan Sebelumnya

Daftar menu yang disediakan restoran mungkin dibersihkan secara rutin. Namun, lebih baik meminimalisasi kontak dengan cara memilih menu-menu makanan yang ingin disantap secara daring sebelum datang ke restoran. Pengunjung bisa mengecek daftar makanan yang disediakan restoran melalui situs resmi mereka atau sumber lainnya. (DA)

Translate »